Fri. Oct 18th, 2019

Wisata Kuliner

Traveling

10 Candi Terbesar di Dunia, Bikin Betah Jelajah Seharian

5 min read
candi terbesar di dunia

[ad_1]

Candi terbesar di dunia tersebar di seluruh dunia khususnya di Asia. Candi merupakan kuil suci bagi agama Budha dan Hindu. Kuil ini telah dibangun sejak lama atau disebut sebagai situs kuno dan kini menjadi destinasi wisata.

1. Angkor Wat

candi terbesar di dunia
image credit : @siemreapnet

Angkor Wat berasal dari Bahasa Khmer yang berarti “candi kota”. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Suryawarman II pada abad ke-12. Angkor Wat menjadi lambang negara Kamboja dan gambarnya ditampilkan pada bendera negara. Raja Suryawarman II mempersembahkan candi ini untuk Dewa Wisnu. Sekarang Angkor Wat menjadi tempat pusat keagamaan terpenting dan sangat terawat di wilayah percandian Angkor. 

Menurut sumber terpercaya, nama asli candi ini kemungkinan besar adalah “Preah Pisnu-lok”, yang merupakan serapan dari bahasa Sansekerta “Wara Wisnuloka”. Wara wisnuloka secara harfiah berarti Tempat Suci Wisnu. Oleh karena itu, objek wisata satu ini juga disebut sebagai tempat pemujaan Dewa Wisnu.

2. Candi Borobudur

candi terbesar di dunia
image credit : @nina_wati_nsz

Siapa sih yang tidak tahu Candi Borobudur? Candi yang terletak di Magelang Jawa Tengah ini adalah salah satu lokasi wisata populer di Indonesia. Kepopulerannya bukan hanya di tingkat nasional tapi juga internasional. Candi Borobudur masuk sebagai World Heritage Site atau situs yang dilindungi dunia oleh UNESCO. Candi terbesar di dunia ini juga merupakan kawasan candi terbesar di Asia Tenggara. Situs agama Budha ini mempunyai 504 stupa dan 2.672 panel relief. 

3. The Temple of Heaven

candi terbesar di dunia
image credit : @charlies_wanderings

Ada lagi candi yang masuk dalam World Heritage Site UNESCO yaitu The Temple of Heaven di Tiongkok Cina. ‘Candi surga’ ini tepatnya terletak di tenggara Beijing dan menjadi lokasi tur wisata. Kuil surga ini didirikan Kaisar Yongle pada masa pemerintahan Dinasti Ming. Selain itu, ada juga yang disebut Forbidden City (Kota Terlarang) di daerah Beijing. Keduanya dibangun pada pemerintahan yang sama.

Salah satu candi terbesar di dunia ini mulai dibangun tahun 1406 dan selesai tahun 1420. Butuh sekitar 14 tahun untuk menyelesaikan kuil. Kompleks diperluas dan diberi nama Temple of Heaven selama pemerintahan Kekaisaran Jiajing pada abad ke 16. Jiajing juga membangun tiga candi lain di Beijing, yaitu Temple of the Sun (di timur), Temple of Earth (di utara), dan Temple of Moon (di barat).

4. Candi Prambanan

candi terbesar di dunia
image credit : @theportraitofjogja

Candi Prambanan berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di perbatasan Klaten-Jogja. Candi satu ini juga tak kalah terkenal dengan Candi Borobudur. Bahkan sudah ada beberapa event yang diselenggarakan di sini, seperti Prambanan Jazz, Opera van Java, Festival Yoga International, “25th Anniversary” Yanni Orchestra, Sendratari Ramayana, dan lain sebagainya. 

Candi Prambanan merupakan candi agama Hindu yang didirikan pada abad ke 9. Ada tiga dewa utama yang melambangkan candi ini, yaitu Wisnu, Siwa, dan Brahma. Ketiganya disebut Trimurti. Karena keunikan dan latar belakangnya, Candi Prambanan masuk dalam World Heritage Site UNESCO.

5. Candi Ranganathaswamy

candi terbesar di dunia
image credit : @famousplacesinindia

Candi yang memiliki desain arsitektur unik ini ialah candi Hindu paling besar di India. Candi Ranganathaswamy dapat dibilang unik dari warnanya yang beragam. Jadi jika dipandang sekilas dari jauh akan terlihat bangunan-bangunan berwarna warni dan sangat mencolok. Candi yang dipersembahkan untuk Dewa Ranganatha ini mulai dibuat pada abad ke-17 Masehi. Kalian yang berkunjung ke India, silakan menyempatkan diri untuk plesir ke sini, karena candi Hindu ini berbeda dari yang lain dan tidak seperti candi yang pernah kalian kunjungi.

6. Tiger’s Nest Monastery

candi terbesar di dunia
image credit : @daichi_1127

Siapa yang suka hiking? Kali ini kita akan berkunjung ke salah satu spot terbaik di Bhutan, yaitu Paro Taktsang atau biasa disebut Tiger’s Nest Monastery. Untuk mendarat di sini kalian harus rela berjalan ke atas tebing. Hanya orang-orang berniatlah yang mampu melewati bukit. Perlu berhati-hati karena letak kuil berada di sisi tebing. Jadi kalian tidak boleh bermain-main di sini. Namun kalau sudah sampai di atas, lelah maupun usaha kalian terobati dengan pemandangan alamnya yang indah.

Situs Budha Himalaya ini merupakan situs suci terkenal dan dibangun untuk umat Budha yang ingin berdoa dan ingin mencapai sebuah ketenangan dalam hidup. Cocok untuk orang yang ingin jauh dari keramaian dan bersahabat dengan alam. Kalian yang selama ini hidup dalam kepenatan, silahkan mencari udara segar ke Paro Taktsang.

7. Wat Rong Khun

candi terbesar di dunia
image credit : @travel_photography_jhertweck

Wat Rong Khun adalah candi yang berkawasan di Thailand, tepatnya di Chiang Rai. Jika dilihat dari luar, akan tampak bangunan berwarna putih. Itulah kenapa orang asing menyebutnya dengan Kuil Putih. Kuil yang memiliki gaya arsitektur Budha ini merupakan kuil milik swasta, tepatnya dimiliki oleh Chalermchai Kositpipat. Ia juga yang membuat rancangan hingga membangun dan membuka kuil tersebut untuk umum pada tahun 1997. Meskipun bukan milik pemerintah setempat, namun kuil ini jadi salah satu objek wisata yang ikonik di Thailand.Tempat ini bisa digunakan untuk pameran kesenian.

8. Jetavanaramaya

candi terbesar di dunia
image credit : @thingstodoinsrilanka

Mungkin kalian baru pertama kali mendengar nama candi satu ini. Lokasi wisata yang akan dibahas ini merupakan monumen religi umat Budha. Jetavanaramaya berdiri di kawasan Anuradhapura, Sri Lanka. Jika dihitung berdasarkan volume, monumen Budha yang sulit diucapkan ini adalah stupa terbesar di dunia. Dibutuhkan kurang lebih 93,3 juta batu bata untuk membangun stupa dengan ketinggian sekitar 122 meter atau 400 kaki. Salah satu candi terbesar di dunia ini didirikan oleh Raja Mahasena pada abad ke 3 dan membutuhkan waktu 15 tahun untuk menyempurnakannya.

9. Karnak

candi terbesar di dunia
image credit : @parisverra

Karnak terletak di Mesir. Karnak ialah kompleks candi kuno dan masuk sebagai kompleks candi terbesar dunia. Bangunan kuno ini sebenarnya adalah gabungan dari beberapa kuil yang dibangun selama beberapa generasi berbeda. Salah satu kuil yang terkenal ialah Hypostyle Hall.

Kalian pecinta sastra Arab pasti tak asing dengan kata Karnak. Nama ini menjadi judul sebuah novel karya Najib Mahfudz. Nover “Karnak Cafe” terinspirasi dari candi Karnak.

10. Akshardham

candi terbesar di dunia
image credit : @indiantravellingclub

India memang mempunyai banyak candi karena penduduknya memiliki keanekaragaman budaya dan agama, termasuk Hindu. Kuil Akshardham jadi satu diantara kuil-kuil yang ada di India. Kalian yang suka menyaksikan film Bollywood mungkin tak asing dengan kuil ini. Tempat ini sering dijadikan lokasi syuting karena bentuk bangunannya yang cantik dan terletak di tengah-tengah air.

Uniknya Akshardham terletak pada hiasan ukirannya, yaitu berupa ukiran penari, flora, fauna, musisi, dewa. Juga ada jembatan putih yang menghubungkan antara pintu masuk ke kuil. Di atas jembatan kalian bisa melihat sungai di kanan kiri. Akshardham merupakan tempat suci dan penuh kedamaian yang ditujukan kepada Tuhan. Kuil yang juga sering disebut Swaminarayan ini terletak di New Delhi. Apakah Akshardham masuk daftar candi terbesar di dunia favoritmu?

The post 10 Candi Terbesar di Dunia, Bikin Betah Jelajah Seharian appeared first on GoTravelly.

[ad_2]

Source link