10 Kuliner Khas Bulgaria Nikmatnya Nempel Di Lidah

10 Kuliner Khas Bulgaria Nikmatnya Nempel Di Lidah

[ad_1]

Makanan khas Bulgaria cukup beragam bahkan beberapa resepnya telah diturunkan dari generasi ke generasi, bertahan tetap tak berubah selama ratusan tahun. Terdapat pula beberapa hidangan tertentu yang disiapkan untuk hari perayaan khusus di Bulgaria, seperti Malam Natal, Paskah, Hari St. George dan Hari St. Nicholas.

Madu dan yoghurt Bulgaria, begitu populer. Madu Bulgaria berkualitas tinggi sehingga mempengaruhi tingkat manfaat penyembuhannya. Sedangkan yoghurt merupakan produk olahan tradisional Bulgaria dengan bahan utama susu. Lactobacillus bulgaricus yang terkandung dalam yoghurt Bulgaria juga kaya manfaat kesehatan.

Yoghurt Bulgaria memiliki rasa yang lezat dan biasa digunakan dalam banyak resep makanan khas Bulgaria seperti tarator, banitsa, salad snezhanka dan digunakan pula sebagai topping untuk beberapa hidangan utama serta sebagai  pengental sup.

Menurut legenda masyarakat Bulgaria, yoghurt sudah ada sejak zaman Thracia. Orang Thracia belajar menambahkan susu asam ke susu segar agar lebih tahan lama. Berwisata ke Bulgaria jangan lewatkan wisata kuliner khas Bulgaria.

Ragam Makanan khas Bulgaria

Masakan tradisional Bulgaria memiliki rasa spesifik dan unik. Sebagian besar masakan Bulgaria yang otentik, terbilang mudah untuk dibuat. Berbeda dengan masakan tradisional Indonesia yang sebagian membutuhkan waktu berjam-jam untuk membuatnya. Berikut 10 yang wajib dicoba bila berwisata ke sana.  

1. Salad Shopska

makanan khas Bulgaria
image credit : http://cookingtheglobe.com

Jenis kuliner satu ini biasa menjadi hidangan pembuka yang paling populer. Shopska juga sangat populer di kalangan wisatawan asing yang datang ke negara ini. Salad Shopska memiliki bahan utama tomat segar dan sayuran yang beraroma, ditambah keju putih Bulgaria yang memiliki rasa gurih dan terkenal lezat. Di beberapa daerah paprika panggang juga ditambahkan dalam makanan khas Bulgaria ini.

Terlepas dari fakta bahwa resep Salad Shopska berasal dari ibu kota Sofia, tetapi salad ini disajikan di seluruh penjuru Bulgaria. Salad ini biasanya disajikan sebagai menu pembuka maupun sebagai tamabahan untuk masakan berbahan utama daging panggang. Jika semua bahan utama telah dipersiapkan, membuat sajian Salad Shopska ini terbilang sangat mudah dan cepat.

2. Banitsa

makanan khas Bulgaria
image credit : @radina2040

Banitsa ini biasa menjadi makanan pendamping. Yang satu ini berupa roti khas Bulgaria berbentuk lingkaran melebar. Makanan khas Bulgaria ini disajikan di banyak tempat makan di Bulgaria dan dimakan bersama berbagai varian makanan Bulgaria lainnya. Resep paling umum untuk membuat banitsa adalah adonan roti bulat lebar diisi dengan keju putih dan telur.

Namun di berbagai wilayah Bulgaria, ada puluhan variasi penyajian banitsa. Ada banitsa yang diisi dengan labu dan gula sehingga mirip pai labu. Ada pula banitsa yang diisi dengan kubis, mirip dengan pai kubis.

Ada pula yang mengisi banitsa dengan bawang, bayam, beras, daging, dan beragam isian lainnya. Banitsa biasanya dinikmati warga Bulgaria sebagai menu sarapan. Sedangkan banitsa berisi susu, biasa dimakan sebagai hidangan pencuci mulut.

3. Tarator

makanan khas Bulgaria
image credit : @agasiuk13

Makanan khas Bulgaria yang ini merupakan Sup Mentimun. Tarator sangat populer dinikmati selama musim panas karena mentimun memiliki efek pendinginan bagi tubuh, dan di musim dingin tidak terlalu banyak orang yang membuatnya. 

Namun jika memilih untuk makan di restoran, maka kebanyakan restoran tetap memasukkan trator dalam daftar menunya sepanjang tahun. Bahanbahan untuk membuat tarator diantaranya yoghurt, mentimun, kenari, garam, minyak sayur, dan rempah-rempah.

4. Sarmi

makanan khas Bulgaria
image credit : https://www.findbgfood.com

Makanan ringan khas Bulgaria ini berisi potongan daging atau daging cincang dan nasi berbumbu, kemudian dibalut dengan daun kubis dibentuk lonjong agak memanjang. Meski termasuk makanan ringan tetapi lumayan cukup mengenyangkan.

Salah satu hidangan yang juga populer ini ada banyak versi untuk penyajiannya. Selama musim panas, sarmi biasa disajikan bersama daun anggur. Selama musim dingin sarmi disajikan bersama sauerkraut. Bagi para vegetarian, sarmi bisa diisi tanpa daging dan sarmi yang tanpa daging biasanya menjadi salah satu hidangan pada malam Natal Bulgaria.

5. Patatnik

makanan khas Bulgaria
image credit : @galina_gnv

Resep makanan khas Bulgaria Patatnik berawal dari wilayah Rhodope. Patatnik didominasi oleh rasa kentang dan keju putih. Bahkan nama makanan ini berasal dari kosa kata lokal yakni patat yang artinya kentang. Ada berbagai cara saat menyajikan Patatnik, bisa dipanggang, digoreng, direbus atau menggunakan  lembaran roti yang digulung. Patatnik juga kaya rempah dan bisa dimasak bersama daging maupun tanpa daging.

Sedangkan resep klasik Patatnik biasanya hanya menggunakan kentang, keju putih, telur, bawang, rempah-rempah, garam, merica, dan daun mint segar. Untuk memastikan hidangan dipanggang secara merata dan memiliki kerenyahan yang pas, Patatnik harus dipanggang dalam suhu rendah. Patatnik juga biasa disajikan bersama yoghurt maupun sayuran.

6. Kapama

makanan khas Bulgaria
image credit : @neslinin_mutfagi_

Makanan khas Bulgaria ini banyak ditemukan di wilayah Bansko dan Razlog. Kapama dimasak bersama asinan kubis dan berbagai daging sesuai selera. Sosis dan nasi juga biasa dipadukan dalam membuat Kapama.

7. Kebapches

makanan khas Bulgaria
image credit : @a_lost_wayfarer

Kuliner Bulgaria ini cukup mudah ditemukan bahkan di atas meja setiap keluarga Bulgaria, kebapches hampir selalu ada. Dalam acara kenegaraan atau menyambut tamu Negara, kebapches menjadi hidangan favorit banyak orang, bersama-sama dengan Tarator dan Salad Shopska. Kebapches adalah hidangan yang terbuat dari daging cincang dengan bumbu rempah-rempah seperti merica, jintan, garam, dan lain-lain.

Daging cincang yang telah diuleni bumbu didiamkan beberapa jam agar meresap sempurna. Saat dimasak dengan cara dipanggang, aromanya akan menggoda siapapun untuk segera melahap makanan khas Bulgaria ini. Kebapches berbentuk lonjong dengan panjang kira-kira 15 cm dan berdiameter kira-kira 3 cm

8. Hotchpotch

makanan khas Bulgaria
image credit : http://www.bulcons.com

Kuliner Bulgaria ini terdiri dari daging babi yang dipotong dadu lalu ditumis, kentang, kacang hijau, terong, okra, kacang polong, bawang bombay, wortel, dan tomat. Kemudian dibumbui dengan peterseli, garam, dan merica. Seluruh bahan dicampur menjadi satu kemudian di panggang 2 jam dalam oven panas. Di beberapa wilayah di Bulgaria, Hotchpotch biasa pula dimakan bersama sepiring nasi.

9. Shkembe Chorba

makanan khas Bulgaria
image credit : @shkemboguide

Bahan utama makanan khas Bulgaria ini adalah babat, tetapi diolah hingga menjadi sup babat karena terdapat campuran susu, paprika, bawang putih, dan cuka anggur merah. Shkembe Chorba ini dianggap oleh orang-orang Bulgaria sebagai obat untuk mereka yang mabuk bir. Jika kebanyakan masakan Bulgaria tidak terlalu pedas, berbeda dengan shkembe chorba yang biasanya dipenuhi banyak serpihan cabai.

10. Moussaka

makanan khas Bulgaria
image credit : @recipesofholly

Sebenarnya Yunani juga mengenal masakan bernama Moussaka. Masakan yang satu ini memang menjadi favorit warga dua Negara tersebut (Bulgaria dan Yunani) karena kedua adalah Negara yang bertetangga. Namun meski sekilas tampak sama, Moussaka Yunani, dan Moussaka Bulgaria memiliki perbedaan.

Bahan utama makanan khas Bulgaria ini adalah kentang dan daging babi, sedangkan moussaka Yunani cenderung menggunakan terong dan daging sapi sebagai bahan utamanya. Soal sausnya, Moussaka Bulgaria menggunakan saus tomat dan saus berbahan yogurt yang dilumuri di atasnya sebelum dipanggang dengan kematangan sempurna dalam oven.

Tanaman-tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh memiliki tempat yang menonjol dalam hampir semua makanan khas Bulgaria cukup. Bagian dari resep-resep Bulgaria yang tak bisa terlepaskan diantaranya sejumlah sayuran dan rempah-rempah yaitu bawang putih, lada hitam, thyme, spearmint, gurih, daun salam, kemangi, basil dan paprika.

Selain berbagai bumbu herbal yang biasa digunakan dalam hidangan utama, basil juga memiliki tempat khusus dalam hidangan Bulgaria. Basil paling sering digunakan untuk membumbui hidangan daging, kacang, dan kentang.

The post 10 Kuliner Khas Bulgaria Nikmatnya Nempel Di Lidah appeared first on GoTravelly.

[ad_2]

Source link