10 Kuliner Khas Kuwait

10 Kuliner Khas Kuwait


Ada banyak sekali tempat makan dan restoran termasuk yang menyajikan makanan khas Kuwait, karena kehidupan malam hampir tak ada yang benar-benar tampak terbuka (umum). Kebanyakan warga Kuwait lebih memilih menghabiskan waktu untuk pergi ke restoran dan mall. Berbagai macam masakan internasional tersedia di restoran kelas atas, meskipun masakan dengan bahan dasar daging babi jelas tidak ada.

Kuwait dikenal dengan spesialisasi kuliner dan layanan kateringnya. Ada deretan tempat makan, restoran sederhana hingga restoran yang menyajikan santapan mewah dengan menu makanan internasional.

Tempat-tempat makan Kuwait dapat dengan mudah ditemukan di food court di mall. Sebagai alternatif banyak restoran internasional dikelompokkan di daerah-daerah tertentu di Kuwait, seperti di belakang Gereja Katolik Roma di pusat Kota Kuwait, di luar Resort Movenpick di Salmiya, di Marina Crescent.

Apabila bertanya pada penduduk setempat tentang tempat makan, sebagian mereka biasanya akan mengarahkan wisatawan ke Salmiya karena di sana terdapat banyak restoran lokal yang menyajikan beragam sandwich, jus, dan makanan ringan khas Kuwait. Atau wisatawan bisa pergi ke salah satu pusat perbelanjaan di Kuwait, pasti akan dengan mudah menemukan tempat makan, mulai dari makanan cepat saji hingga makanan gourmet.

Berwisata ke Kuwait tentunya tidak lengkap jika belum mencicipi beragam kuliner khasnya. Di Kuwait masih cukup banyak tempat makan yang menyajikan makanan khas Kuwait. Di lokasi Bneid Al Gar terdapat beberapa makanan laut tradisional Kuwait tetapi dengan harga yang relatif tinggi. Pilihan lebih murah ada di kompleks Behbehani Villa, di wilayah Qibla Kota Kuwait, di belakang masjid dan restoran Kuwait lainnya seperti Ferij Suwailih di salmiya.

Daftar 10 Makanan Khas Kuwait

Masakan Kuwait sebagian besar mendapatkan pengaruh cita rasa masakan dari para imigran negara-negara Arab dan Asia Tenggara. Jadi berbagai hidangan Arab, Persia, Badui, Pakistan, Turki, India, Iran, dan Mediterania merupakan bagian integral dari kuliner Kuwait. Namun kuliner ala Amerika, Italia, Cina, Prancis, Thailand, dan Jepang juga tersedia.

Berikut sedikit ulasan 10 makanan khas Kuwait yang patut dicoba saat jalan-jalan di Kuwait.

1. Warak Enab

image credit : @melizcooks

Hidangan Arab bernama Warak Enab pada dasarnya berisi daun anggur. Daunnya diisi dengan nasi, tomat, bawang, peterseli, daun mint segar, dan direbus perlahan-lahan dalam panci berisi minyak zaitun dan jus lemon. Hasilnya adalah makanan khas Kuwait yang sangat lembut dengan rasa sedikit asam dan meleleh di mulut.

2. Machboos

image credit : @khaneen_kuwait

Makanan khas Kuwait yang yang satu ini dianggap sebagai hidangan nasional Kuwait. Machboos adalah hidangan nasi yang disajikan dengan daging, bisa daging ayam, domba, maupun ikan. Nasi Basmati dimasak dengan kunyit dan air mawar.

Sedangkan dagingnya dimasak secara terpisah dan disajikan di atas nasi. Machboos ini kemudian dimakan dengan saus merah yang dikenal dengan nama Dakkous yang terdiri dari tomat, lada hitam, dan bawang putih. Hidangan yang menarik, kan?

3. Jireesh atau Yireesh

image credit : https://www.flickr.com

Ini adalah hidangan lainnya dari Kuwait yang dimasak dengan daging ayam atau daging domba dengan tambahan berbagai bumbu rempah-rempah dan tomat. Meskipun bagi sebagian orang tampilan makanan ini kurang menarik, tetapi soal rasa tentunya tak kalah dengan kuliner khas Kuwait lainnya. 

4. Kuboo dan Hummus

image credit : @caramelo_caliente_by_kerstin

Kubo adalah roti pipih yang terbuat dari tepung gandum lalu dipanggang dalam oven panas. Biasanya Kubo ini dimakan bersama Hummus yang merupakan saus khas Timur Tengah yang sangat populer dan tradisional. Hummus terdiri dari bahan-bahan seperti buncis yang dihaluskan lalu dicampur dengan rempah-rempah dan minyak zaitun.

Cara penyajian hummus cukup menarik, makanan khas Kuwait ini disajikan dalam piring dengan pusaran dan lubang di tengah lalu dihiasi dengan tomat cincang, mentimun, ketumbar, peterseli, karamel bawang atau pun bawang tumis.

5. Fatayer Lahme, Fatayer Jibna, dan Fatayer Zaatar

image credit : @gluten_free_foods_lebanon

Ini semua mirip roti isi. Fatayer Lahme adalah roti yang diisi dengan daging cincang. Fatayer Jibna adalah roti dengan bentuk pipih yang diisi dengan keju. Sedangkan Fatayer Zaatar lebih menyerupai pizza yang atasnya dilumuri dengan thyme, biji wijen, dan beberapa bumbu khas dan rempah-rempah lainnya.

6. Kushari

image credit : @fasivegan

Makanan khas Kuwait yang satu ini mendapat pengaruh dari hidangan Arab Mesir yang terbuat dari beras, lentil, dan macroni. Di atas Kushari disiram dengan saus tomat dan bawang goreng yang renyah.

7. Shawarma

image credit : @eatwithtea

Kuliner Kuwait yang satu ini dianggap sebagai bagian kecil yang turun dari surga ke bumi. Makanan khas Kuwait ini adalah hidangan yang memiliki potongan daging yang diiris tipis. Daging yang digunakan biasanya berupa daging ayam, kambing, domba, maupun sapi. Daging dimasak perlahan agar matang merata di semua sisi. 

Daging dan beberapa bahan utama lainnya digulung dalam sepotong roti pipih. Shawarma biasanya dimakan bersama kentang goreng, salad, tabouleh, falafel, hummus maupun acar sayuran.

8. Luqaimat, Balah El Sham dan Katayef

image credit : @chopsticksandvogue

Kuliner Kuwait merupakan hidangan manis populer yang biasa pula dinikmati selama bulan Ramadhan. Sajian satu ini tampak seperti pangsit tetapi memiliki rasa manis sekaligus renyah di bagian luar. Ada pula orang-orang yang menyamakan Luqaimat dengan Jalebi (kuliner India). Namun teksturnya yang lembut di dalam juga memiliki kemiripan dengan gulab jamun (kuliner Pakistan).

Balah El Sham tampak seperti churros goreng Timur Tengah, yang renyah di luar dan lembut empuk di dalamnya. Sedangkan Katayef adalah kue panekuk yang diisi dengan keju dan kacang manis, kemudian digoreng atau dipanggang lalu disajikan dengan sirup panas. Tidak ada diragukan kelezatan makanan khas Kuwait yang satu ini.

9. Harees

image credit : @bokoboko.tz

Sajian yang satu ini berupa hidangan kental seperti sup yang terdiri dari gandum yang dimasak dengan daging kemudian dihaluskan, biasanya di atasnya ditaburi dengan gula kayu manis. Meskipun penampilan dan teksturnya kurang menarik, makanan ini sangat mengenyangkan dan cocok dinikmati saat malam hari untuk menghangatkan terutama saat musim dingin di Kuwait.

10. Muttabaq Samak dan Murabyan

image credit : https://twitter.com

Dua makanan khas Kuwait ini merupakan sajian nasi seafood. Muttabaq Samak merupakan ikan yang disajikan di atas nasi yang dimasak dengan bumbu melimpah. Meskipun variasi hidangan ini ditemukan di sekitar teluk, yang membuat hidangan ini menjadi khas Kuwait adalah menggunakan ikan Zubaidi yang merupakan ikan nasional di Kuwait.

Murabyan adalah hidangan nasi yang agak mirip dengan Muttabaq Samak, tetapi menggunakan bahan utama lain yakni udang. Hidangan ini dibumbui dengan tumis bawang, kunyit, ketumbar dan loomi kering (jeruk nipis kering). Hasilnya adalah kombinasi rasa yang lezat dan pasti akan memuaskan para penikmatnya.

Sudah pernahkah Anda mencoba salah satu dari hidangan  tersebut? Sebenarnya ada banyak hidangan Kuwait yang dapat diulas, namun 10 makanan khas Kuwait di atas menjadi yang wajib untuk dicicipi ketika berwisata ke Kuwait.

The post 10 Kuliner Khas Kuwait appeared first on GoTravelly.





Source link