Day: August 3, 2019

10 Rekomendasi Rumah Makan Halal Di Korea Selatan

Bagi masyarakat Indonesia yang beragama Islam yang ingin menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga tersayang di negeri ginseng tersebut awalnya merasa khawatir dengan penyajian kuliner di sana. Dikarenakan Korea Selatan bukanlah merupakan negara berpenduduk mayoritas muslim seperti negara tercinta kita, Indonesia.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, Korea Selatan sudah menyesuaikan diri untuk hal yang menyangkut masalah kuliner tersebut. Mengingat banyak sekali wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke negara ini membuat Korea Selatan saat ini sudah menyediakan makanan yang tidak hanya halal melainkan juga enak rasanya ditambah dengan kualitasnya yang selalu terjaga dengan baik.

Berikut dibawah ini 10 rekomendasi rumah makan halal di Korea Selatan yang terjamin mutunya, yang enak, yang wajib didatangi, yang bisa dijadikan referensi oleh siapa saja yang akan dan tengah berkunjung ke negara ginseng ini :

1. EID

image credit : https://www.havehalalwilltravel.com

EID adalah sebuah restoran yang berlokasi di Korea Selatan yang dimiliki oleh warga Korea Selatan yang memeluk agama Islam. Karena pemiliknya merupakan seorang muslim sudah pasti makanan yang disajikannya halal. Restoran ini menyajikan makanan asli Korea namun bahannya halal, demikian pula dengan proses pengolahannya. Letak EID sangatlah strategis, di jantung kota, di Itaewon sehingga tidaklah mengherankan jika menjadi restoran halal yang paling dikenal oleh banyak orang dan juga paling banyak dikunjungi. Korean Muslim Foundation sudah memberikan sertifikat halal kepada restoran ini. Makanan halal asli Korea yang menjadi andalan di sini antara lain Jja Jang Bap atau nasi kacang hitam, Tteokbokki (kalau di Indonesia menyerupai lontong), Jjimdak atau ayam bumbu pedas manis dan Bulgogi Sapi. Yang paling disukai oleh para pengunjung dari restoran ini adalah menu sup, kimchi dan minumannya yang boleh dinikmati sepuasnya, tanpa harus membayar.

2. MHKR

rumah makan halal di Korea Selatan
image credit : https://www.holidayme.com

MHKR adalah kepanjangan dari Makan Halal Korean Restoran, salah satu restoran di Korea Selatan yang menyajikan makanan halal. Sama seperti EID, restoran ini lokasinya … Read the rest

Continue reading

7 Manisan Khas Arab Ini Bisa Menjadi Ide Oleh Oleh Ibadah Haji

Apa yang terbersit dalam pikiran Anda saat mendengar manisan khas Arab? Kurma? Atau cokelat batu yang sering dijadikan oleh-oleh sepulang haji dan umrah? Faktanya, varian penganan manis khas Timur Tengah tak kalah beragam dari camilan di Indonesia. Beberapa di antaranya sudah tersebar di tanah air dan dimodifikasi sedemikian rupa agar sesuai dengan selera masyarakat.

Asal-usul manisan khas Arab

Sebelum membahas lebih jauh seputar jenis-jenisnya, mari kita pelajari sejarah manisan yang beredar di Arab. Rupanya manisan yang beredar di kawasan Timur Tengah bukan berupa penganan yang terbikin dari buah, lalu diawetkan memakai gula. Camilan manis di Jazirah Arab justru disajikan sebagai appetizer atau makanan pembuka.

Kemudian, beberapa manisan khas Arab terpengaruh dari beberapa negara tetangganya seperti India dan Turki. Jadi, Anda yang kebetulan suka menyantap kuliner khas Asia Selatan dan Asia Barat pasti familier dengan rupa maupun rasanya. Sejumlah penganan disajikan secara khusus di restoran kendati Anda sudah bisa membeli versi praktisnya di toko oleh-oleh.

7 jenis manisan khas Arab terpopuler

Resep-resep manisan dari Jazirah Arab mudah dipraktikkan. Anda juga bisa menjumpai bahan-bahannya di supermarket terdekat. Apabila Anda tertarik menyajikan penganan dari negara itu sebagai camilan atau sajian untuk hari raya, berikut tujuh jenis manisan khas Arab yang patut dipertimbangkan.

1. Basbousa

image credit : @mini.bites_

Penganan yang populer di Mesir ini sekilas mempunyai bentuk menyerupai bika Ambon. Hanya saja, basbousa menggunakan tepung semolina sebagai bahan utama dengan sirup berbahan dasar air kelapa untuk bahan pelengkapnya. Ada pun bahan-bahan lain yang digunakan seperti yoghurt tawar dan kacang almond yang memperkaya rasa hingga tekstur dari kue basah tersebut.

Anda yang kurang menyukai air kelapa bisa memakai air lemon hingga air mawar untuk bahan sirup alternatif. Cara membuat basbousa relatif mudah karena tak berbeda jauh dengan bolu. Namun, Anda harus cermat saat menyisipkan potongan kacang almond di tiap lapisnya yang menjadi ciri khas dari manisan khas Arab tersebut.

2.

Read the rest Continue reading