Wed. Nov 13th, 2019

Wisata Kuliner

Traveling

5 Filosofi Nasi Tumpeng Yang Biasa Disajikan Di Hari Kemerdekaan

5 min read
5 Filosofi Nasi Tumpeng Yang Biasa Disajikan Di Hari Kemerdekaan

[ad_1]

Pada beberapa tempat di Indonesia, filosofi tumpeng nasi kuning masih dapat dirasakan melalui perayaan HUT RI atau acara seremonial lainnya. Tumpeng nasi kuning masih dihadirkan sebagai salah satu item dalam perlombaan HUT kemerdekaan RI atau meski tumpeng tidak diperlombakan namun tetap dihadirkan untuk disantap bersama. Biasanya tumpeng mendapat penilaian dalam hal rasa, keunikan, serta kerapiannya. Tumpeng hingga saat ini masih dipercaya dapat membuat suasana perayaan HUT kemerdekaan menjadi lebih akrab dan kekeluargaan diantara warga. Kita ketahui bahwa tumpeng merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat kita, terutama saat peringatan peristiwa atau momen penting.

Ternyata filosofi tumpeng nasi kuning memiliki makna dari setiap jenis lauk yang menemani nasi tumpeng tersebut. Berikut beberapa makna tersebut:

1. Nasi Putih pulen

image credit : https://food.detik.com

Dulunya nasi tumpeng dibuat berbahan nasi putih. Meskipun pada saat ini nasi tumpeng telah tersedia dalam berbagai variasi tertentu. Sebagian orang membuat nasi tumpeng dengan bahan beras putih. Beras putih tersebut diolah dengan mencampurkan santan ke dalamnya hingga aroma yang dihasilkan akan beraroma wangi kelapa. Namun kini juga tersedia nasi tumpeng kuning dengan tambahan warna dan aroma kunyit yang khas. Nasi putih dan nasi kuning tumpeng dengan bentuknya yang kerucut melambangkan bahwa sesuatu yang di makan harus berasal dari suatu sumber yang bersih juga halal.

2. Bentuk Ikan lele

image credit : http://www.masakapaya.com

Tidak hanya ayam namun sebenarnya nasi tumpeng pun biasanya dilengkapi akan ikan lele. Meski saat ini kebanyakan orang  lebih memilih jenis ikan lain selain lele. Ikan Lele sebagai lauk nasi tumpeng memiliki makna akan ketabahan dan keuletan dalam hidup. Diilhami dari karena bentuk ikan lele yang bentuknya tidak begitu menarik. Hal ini diyakini karena ikan lele dapat bertahan hidup pada air yang tak mengalir juga dapat hidup di dasar sungai.

3. Campuran sayur urap

Di samping lauk dan pauk lainnya maka pelengkap lain yang selalu menemani tumpeng nasi uduk atau tumpeng nasi kuning adalah sayur urapnya. Campuran akan bayam, toge, kangkung, kacang panjang,  serta bumbu urab. Urap ini biasanya terbuat dari bumbu yang diaduk bersama parutan kelapa kemudian di sangrai beberapa waktu saja dengan penambahan daun jeruk dan daun salam maka aroma urap akan sangat wangi dan menggugah selera.

Urap pada tumpeng melambangkan akan banyak makna. Saur Kangkung yang berarti jinangkung memiliki arti melindungi. Sementara Bayam diartikan dengan ayem tentrem. Dan Taoge memiliki makna tumbuh seperti asalnya toge dari kecambah. Kacang panjang memiliki arti yaitu sebagai pemikiran jauh ke depan. Sedangkan bawang merah mengartikan bahwa segala sesuatu  dalam hidup haruslah dipertimbangkan secara baik dan buruknya. Bumbu urap juga memiliki makna yaitu Urip atau hidup. Hidup dengan arti mampu menghidupi atau menafkahi keluarga.

4. Kebersamaan dalam ikan Teri

image credit : https://www.goodnewsfromindonesia.id

Tak ketinggalan ikan teri juga disajikan dalam menu hidangan nasi tumpeng. Rasanya yang banyak disukai orang berbagai usia dan kalangan karena ikan ini mudah dijumpai bahkan di kios di pedalaman. Ikan Teri digemari bagi mereka yang menggemari ikan asin. Diketahui bahwa ikan teri dalam menu nasi kuning dan nasi putih tumpeng tersebut memiliki arti kebersamaan serta kerukunan. Hal ini dikarenakan ikan teri yang selalu hidup dengan cara bergerombol pada habitatnya di dalam laut.

5. Hiasan Cabe merah

image credit : https://www.goodnewsfromindonesia.id

Cabe merah yang dihias di atas nasi tumpeng ini dibentuk seperti kelopak bunga. Dengan diletakkan pada bagian atas atau puncak nasi tumpeng. Hiasan kelopak bunga cabe merah ini memberikan makna akan penerangan serta membawa manfaat bagi orang lain. Hendaknya setiap manusia dapat membawa kebaikan pada sesama serta berguna bagi sekitarnya.

Setelah kita mengenal makna filosofi tumpeng nasi kuning, yuk kita melihat berbagai bentuk nasi tumpeng yang disesuaikan dengan acara yang akan diadakan serta karakternya:

6. Karakter kapal

image credit : https://tandapagar.com

Nasi tumpeng dengan kelezatan yang sama dapat dibentuk seperti kapal dan di atasnya terdapat alat memancing. Lauk pauk yang digunakan tak banyak berbeda dengan lauk yang biasa digunakan dengan nasi tumpeng kerucut. Dipadu dengan kebutuhannya, penyajian nasi tumpeng dengan karakter terdapat penambahan mie goreng.

7. Karakter minion

image credit : https://tandapagar.com

Minion adalah salah satu jenis kartun yang sangat disukai oleh anak-anak. Maka minion pun menjadi inspirasi pada berbagai bentuk nasi tumpeng yang dilengkapi oleh baju biru juga mata dan bendera di tangannya. Nasi tumpeng Minion ini disajikan dalam sebuah wadah berbentuk bulat dengan campuran lauk pauk seperti perkedel, ikan, sambal, ayam goreng, dan telur goreng. Tak luput selada juga irisan timun dengan ditata mengelilingi nasi serta campuran lauk pauknya lainnya.

8. Karakter anak ayam

image credit : https://tandapagar.com

Nasi tumpeng karakter anak ayam dibuat dengan menyerupai kepala seekor anak ayam namun tanpa kaki dan badannya. Karakter anak ayam yang baru lahir berwarna kuning dilengkapi dengan hiasan mulut dan matanya . Nasi tumpeng karakter ini sangatlah menarik serta begitu imut yang rasanya ingin disantap segera. Dengan menu lauk yang diletakkan mengelilingi anak ayam. Juga dilengkapi dengan perkedel, mie juga ada irisan timun dengan ditata membentuk lingkaran. Tentunya Nasi tumpeng karakter ini sangat sesuai jika disajikan pada perayaan acara anak-anak tentunya karena biasanya anak-anak sangat suka akan benda yang imut.

9. Karakter Spongebob

image credit : https://www.olx.co.id

Banyak anak laki maupun perempuan menyukai karakter dari film spongebob ini. Maka nasi tumpeng juga dapat dibentuk dari karakter spangebob. Nasi tumpeng yang digunakan adalah jenis nasi kuning yang juga berfungsi sebagai bagian bawah guna pijakan spangebob berdiri. Sementara spongebob dapat menggunakan karakter boneka aslinya dan dipajang pada bagian atas tumpeng. nasinya kemudian dibentuk layaknya taman hingga terlihat seakan spaongebob sedang bermain di taman dengan dilengkapi spatula dan beberapa hewan laut. Animasi ini dapat digunakan dengan memilih animasi ukuran yang mini. Lauk pauk pun dapat dibentuk layaknya taman bawah air agar terlihat menarik dengan padanan warna yang disesuaikan.

10. Karakter love

image credit : https://cookpad.com

Jenis karakter ini dapat digunakan dalam banyak acara. Kumpul keluarga atau kumpul anak-anak dapat menggunakan karakter ini. Bahkan nasi tumpeng untuk pernikahan pun dapat dibuat dengan menggunakan karakter love. Jika anda ingin memberikan surprise bagi orang yang anda sayangi, maka karakter ini sepertinya sangat sesuai mewakili perasaan anda pada orang yang anda sayangi. Baik suami, istri maupun anak dan saudara anda. Lauk pauk akan nasi tumpeng love ini tentunya akan lebih menarik jika dapat disesuaikan dengan makanan favorit orang yang akan anda beri surprise tersebut. Misalnya penambahan lauk acar, bakwan dan makanan favorite lainnya. Untuk animasi yang dapat anda gunakan adalah juga disesuaikan dengan karakter orang tersebut. Anda dapat menggunakan karakter kacamata bagi orang yang suka membaca atau karakter  buku bagi yang hobi menulis. Hanya perlu sedikit penyesuaian dengan orang yang akan anda berikan surprise tersebut.

Selamat merayakan apa saja dengan keunikan dan kelezatan nasi tumpeng. Berbagai lauk sesuai karakter tentunya akan menambah seru perayaan tersebut. 

The post 5 Filosofi Nasi Tumpeng Yang Biasa Disajikan Di Hari Kemerdekaan appeared first on GoTravelly.

[ad_2]

Source link