Museum di Surabaya

9 Museum di Surabaya

[ad_1]

Banyak orang lebih memilih liburan ke tempat yang bernuansa alam sebagai destinasi akhir pekan. Tak banyak pengunjung yang memilih merelaksasi pikiran dengan mengunjungi museum. Tetapi, buat Anda yang mencari tempat wisata sekaligus memberikan nilai edukasi, sebaiknya mempertimbangkan wisata museum.

Surabaya sebagai salah satu ibu kota provinsi terbesar di Indonesia juga memiliki sejarah yang panjang layaknya Jakarta. Hal ini juga terbukti dari banyaknya cagar budaya yang dimilikinya. Bagi Anda yang ingin mengetahui seluk beluk dari kotaSurabaya dari jaman dahulu kala sampai sekarang ini, jangan lupa jika mampir ke Surabaya, mampirlah ke museum-museumnya.

Cukup banyak museum di Surabaya, dan lokasinya pun tersebar di seantero Surabaya. Dimana sajakah itu? Berikut beberapa ulasan museum yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

9 Museum di Surabaya yang Rekomended untuk dikunjungi

Sejarah tak bisa lepas dari Surabaya. Ya, kota yang disebut sebagai “Kota Pahlawan” ini memang menjadi saksi bisu dari sejarah perlawanan masyarakat Surabaya terhadap para penjajah. Yuk, ajak anak-anak belajar banyak hal dengan mengunjungi 9 museum di Surabaya berikut!

1. House of Sampoerna

Museum di Surabaya
surabayarollcake.com

Gedung bergaya kolonial ini merupakan tempat panti asuhan orang Belanda kala itu. Pengusaha bernama Liem Sieng Tee akhirnya membeli bangunan dengan 4 pilar besar ini pada tahun 1893 sebagai pabrik rokok Sampoerna. Kini, Anda tetap bisa menyaksikan sejarah gedung lama jaman penjajahan yang berfungsi sebagai tempat produksi rokok sekaligus museum. Toh, ada banyak kafe dan tempat oleh-oleh yang bisa memanjakanmu termasuk layanan bis tur kota.

2. Museum 10 Nopember

Ingin mengenalkan arti nasionalisme pada si kecil? Ajak dia berlibur ke museum di Surabaya yang paling fenomenal. Museum 10 Nopember merupakan lambang perlawanan arek Suroboyo melawan Belanda. Anda bisa menyaksikan patung yang menjadi simbol perjuangan pemuda Surabaya di lantai satu sedangkan lantai dua berisi pameran senjata, foto documenter dan lain-lain.

3. Museum WR Soepratman

Museum di Surabaya
news.detik.com

Anda bisa berziarah ke makam WR Soepratman yang merupakan pencipta lagu Indonesia Raya sekaligus melihat langsung rumah sang pahlawan. Ya, Museum WR Soepratman merupakan rumah sang kakak, Rukiyem Supratijah, yang ditinggali Soepratman hingga akhir hayat. Tempat ini merupakan tempat persembunyian WR Soepratman dari kejaran bangsa Belanda akibat lagu Indonesia Raya. Anda bisa langsung berkunjung ke museum di Surabaya yang terletak di Jalan Mangga nomor 21.

4. Museum Surabaya

Museum di Surabaya yang berada di pusat kota ini memang memiliki bangunan megah. Berdiri sejak tahun 1877 lalu, Museum Surabaya yang berada di persimpangan  Jalan Genteng Kali dan Jalan Tunjungan ini memiliki banyak sejarah menarik. Anda bisa menyaksikan berbagai benda sejarah yang telah ada sejak masa kolonial termasuk kendaraan tempo dulu lho!

5. Museum Bank Indonesia

Museum di Surabaya
situsbudaya.id

Di Jalan Garuda nomor 1, Anda bisa melihat gedung yang sarat arsitektur kolonial yaitu Museum Bank Indonesia. Gedung ini merupakan bangunan milik kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1828 sebagai bank cabang Batavia. Dulu nama bank ini adalah De Javasche Bank yang merupakan cagar budaya milik Bank Indonesia. Anda bisa mengajak buah hati melihat langsung arsip, uang jaman dahulu, mesin pencetak uang dan lain-lain.

6. Monumen Jalesleva Jayamahe

Museum di Surabaya
dolandolen.com

Merupakan museum di Surabaya yang buka pada hari tertentu seperti peringatan ulang tahun TNI. Patung Laksamana menjadi ikon kebanggaan kota Surabaya yang memiliki ruang teater, foto dokumentasi dan lain-lain dibawah markas Komando Armada Maritim Surabaya. Jadi, Anda harus bersabar kalau ingin melihat isi museum yang tidak dibuka untuk umum ya!

7. Museum Loka Jala Crana

Museum di Surabaya
Tabagibagiinfo.blogspot.com

Museum yang berdiri pada tahun 1969 ini menyimpan, mengabadikan dan menyajikan peralatan TNI angkatan laut. Anda bisa melihat langsung peninggalan benda bersejarah yang ada di sini seperti kendaraan tempur, koleksi planetarium dan masih banyak koleksi lain. Museum di Surabaya ini tepat berada di Jalan Tanjung Emas, Morokrembangan, Krembangan.

8. Museum Kesehatan

Ingin menguji nyali sekaligus menambah wawasan, sebaiknya Anda mengunjungi museum di Surabaya yang berbeda ini. Ya, Museum Kesehatan menyimpan berbagai benda yang berkaitan dengan kesehatan sejak jaman terdahulu. Tak heran kalau Anda bakal menemukan boneka jailangkung dan nini towok yang digunakan untuk ritual. Selain itu, Anda juga akan menyaksikan berbagai benda alat kuno kedokteran hingga hewan yang dipercaya menyebarkan penyakit tertentu.

9. Monumen Kapal Selam

Ajak buah hati mengunjungi Monumen Kapal Selam yang memiliki berbagai ruang kontrol, kemudi, kompas, periskop dan semua sarana prasarana sebuah kapal selam. Seorang pemandu wisata akan membantu menjelaskan kegunaan benda-benda tersebut. Mengunjungi museum ini bakal menambah wawasan Anda tentang kemaritiman Indonesia.

Tips Nyaman Berkunjung ke Museum

Berkunjung ke suatu tempat wisata tidak akan bisa maksimal jika kita tidak tahu tips dan triknya, begitu pula dengan kunjungan ke museum di Surabaya atau di kota lainnya. Berikut ini beberapa tips agar Anda bisa nyaman liburan di museum.

  1. Carilah koleksi unggulan dari museum
    Setiap museum umumnya memiliki koleksi unggulan. Nah, jika Anda ingin berkunjung ke museum, pastikan untuk mencari koleksi terbaik ini dahulu. Jadi sebelumnya, cobalah browsing apa kiranya koleksi terbaik di museum tersebut. Atau Anda bisa juga menanyakan kepada tour guide untuk masalah ini.
  2. Ambillah foto dengan bijak
    Mayoritas benda yang ada di museum merupakan benda peninggalan sejarah dimana pastinya sudah berumur. Nah, karena hal inilah kita juga harus menjaganya, salah satunya yakni dengan bijak dalam berfoto. Bagaimana caranya? Caranya yakni dengan bertanya kepada pemandu boleh atau tidaknya kita mengambil foto di spot yang kita inginkan.
    Beberapa museum membatasi area berfoto karena ada bisa jadi barang yang akan kita foto merupakan peninggalan kerajaan yang disakralkan sehingga tidak bisa diambil fotonya sembarangan.
  3. Perhatikan jam operasional museum
    Secara umum jam operasional museum tiap harinya sama. Namun bisa saja ini berubah karena hari libur, hari besar dan lain sebagainya. Jadi jika tidak ingin kecewa, pastikan ketika Anda ingin berkunjung ke museum, untuk mengeceknya di website terlebih dulu.
  4. Menggunakan alas kaki yang nyaman
    Berkunjung ke museum artinya kita harus siap berkeliling. Jika begini pemilihan alas kaki adalah salah satu hal yang paling penting. Pilihlah sepatu ataupun sandal yang empuk dan pas sehingga Anda bisa merasa nyaman untuk berjalan-jalan seharian.
  5. Nikmati dan perhatikan setiap spotnya dengan detail
    Berbeda dari berwisata ke tempat lainnya, berkunjung ke museum haruslah santai dan tidak terburu-buru. Ada banyak peninggalan sejarah yang bisa kita nikmati. Jangan lupa untuk membaca dengan detail keterangan setiap koleksinya karena dari situlah kita bisa belajar tentang masa lalu.

Itulah 9 mueum di Surabaya dan juga tips berkunjungnya. Tak perlu keluar kota pun, Anda bisa menikmati suasana liburan yang edukatif di Surabaya. Yuk, ajak anak-anak belajar sejarah dengan mengunjungi museum di Surabaya!

The post 9 Museum di Surabaya appeared first on GoTravelly.

[ad_2]

Source link

About the author