Kamu Wajib Coba 10 Makanan Khas Slovakia, Rasanya Greget Dilidah

Kamu Wajib Coba 10 Makanan Khas Slovakia, Rasanya Greget Dilidah

[ad_1]

Slovakia merupakan negara di Eropa Tengah yang dikelilingi oleh Austria, Hungaria, Polandia, Republik Ceko, dan Ukraina. Slovakia secara historis merupakan bagian Austro-Hungaria yang bergabung dengan Republik Ceko Namun masyarakat Slovakia telah memberikan kekhasan mereka ke dalam masakan lokal mereka. 

Berlibur ke Slovakia tentu belum lengkap jika Anda belum mencicipi kelezatan kuliner dari negara yang satu ini. Penasaran dengan kuliner khas di negara tersebut? Berikut ini adalah 10 makanan khas Slovakia yang wajib dicoba saat Anda berkunjung ke sana

1. Bryndzové  halušky atau Pangsit Dengan Keju Domba

makanan khas Slovakia
image credit : @tasteofkosice

Makanan yang pertama adalah Bryndzové  halušky yang mengacu pada keju domba kualitas tinggi. Keju domba tersebut diproduksi secara lokal di Slovakia. Pada sajian ini, keju disajikan di atas pangsit kentang yang dikenal dengan sebutan halušky. Pangsit tersebut sekilas terlihat mirip dengan gnocchi Italia. Untuk menghasilkan kombinasi terbaik, sajian ini biasanya ditaburi dengan sosis dan potongan daging asap.

2. Bryndzové Pirohy atau Pierogis Berisi Bryndza

makanan khas Slovakia
image credit : @ingmonikatothova

Bryndza merupakan salah satu jenis keju unik di Slovakia. Orang-orang di Slovakia biasanya mengonsumsi pangsit kentang dengan keju bryndza serta dibubuhi dengan krim asam serta daging goreng. Bryndzové pirohy biasanya disajikan dengan susu domba asam khas Slovakia. Walaupun hidangan ini memiliki citarasa yang cukup tajam, namun hidangan ini patut untuk dicoba.

3. Kapustnica

makanan khas Slovakia
image credit : @uzivaj.si

Di Slovakia terdapat hidangan unik berupa sup kubis yang dikenal dengan nama Kapustnica. Hidangan ini biasanya disajikan dalam perayaan Natal tradisional sebagai hidangan pembuka atau appetizer. Namun Kapustnica saat ini sudah banyak tersedia di restoran-restoran Slovakia yang disajikan hangat bersama roti yang baru saja dipanggang.

Sup kubis ini terasa sangat nikmat, khususnya ketika ditambahkan dengan beberapa bahan makanan lokal seperti jamur, kentang, daging asap, dan sosis. Setiap daerah di Slovakia memiliki cara masing-masing untuk menyiapkan hidangan ini. Jadi jangan heran jika kebanyakan restoran lokal memiliki konsep masing-masing ketika memasak sup ini.

4. Vepřo Knedlo Zelo 

makanan khas Slovakia
image credit : @aliska.v

Sajian yang satu ini adalah hidangan non halal karena terbuat dari babi. Makanan ini berupa babi yang disajikan dengan pangsit dan kubis. Potongan daging babi yang lembut disajikan dengan kubis rebus dan knedle atau roti pangsit. Mencicipi hidangan ini akan memberikan pengalaman kuliner klasik Slovakia. Knedle itu sendiri merupakan semacam pangsit yang lebih menyerupai roti. 

Dalam satu porsi vepřo knedlo zelo biasanya disajikan 4 atau 5 potong roti dan daging babi. Pangsit pada hidangan ini terasa sangat lembut berpadu dengan daging babi yang juicy dan gurih dari bawang putih. Hidangan ini cukup mudah dijumpai di Slovakia, khususnya restoran-restoran dengan hidangan tradisional.

5. Sup Goulash

makanan khas Slovakia
image credit : http://www.masakapaya.com

Hidangan yang satu ini memiliki nama asli Gulášová polievka. Sup goulash sebenarnya merupakan salah satu varian dari Sup Goulash di negara-negara Eropa Timur dan Eropa Tengah. Untuk varian yang banyak dijumpai di Slovakia, sup goulash terdiri dari daging sapi, kentang, bawang bombay, lada, bawang putih, tomat, dan rempah-rempah. Makanan ini biasanya banyak dijumpai dalam berbagai event olahraga dan biasa dimasak di tempat terbuka secara langsung di atas bara api menggunakan kuali.

Anda dapat menjumpai hidangan ini di dekat lapangan saat ada turnamin tenis atau di dekat garis finish pada lomba lari. Sup yang dimasak selama beberapa jam ini memiliki aroma yang sangat menggoda sehingga menjadi hidangan yang sempurna untuk memulihkan energi setelah berolahraga atau bermain ski.

6. Vyprážaný Syr

makanan khas Slovakia
image credit : @tasty_bratislava

Hidangan yang satu ini adalah keju goreng dan kentang goreng yang disajikan dengan saus tartar. Bagi Anda yang sedang diet, makanan yang satu ini mungkin menjadi godaan yang berat karena rasanya yang sangat lezat. Masyarakat Slovakia biasanya menyantap hidangan ini bersama dengan velky pino yaitu bir besar. 

Hidangan ini sangat cocok disantap setelah menyusuri Sungai Hron atau hiking di pegunungan Tatras. Untuk membuat hidangan ini, jenis keju yang digunakan adalah keju edam. Jika ingin memperkaya rasa asin dari hidangan ini, maka dapat ditambahkan acar.

7. Schnitzel 

makanan khas Slovakia
image credit : @prof.dr.gainz

Di Slovakia terdapat hidangan schnitzel yang dikenal dengan nama vyprážaný rezeň. Kuliner babi seperti babi goreng khas Wina atau Wiener Schnitzel adalah hidangan yang sangat populer. Sama halnya dengan Austria, Anda dapat menemukan beragam Schnitzel di setiap restoran Slovakia. Hidangan ini berupa potongan daging babi tipis yang digoreng dengan tepung panir atau remah roti. 

Untuk lauknya, makanan ini sering disajikan dengan salad kentang dan mayonaise. Untuk mendapatkan pengalaman menyantap schnitzel yang lebih berkesan, Anda dapat mencoba bačovský rezeň. Ini adalah schnitzel dengan ham dan keju leleh di atasnya.

8. Zemiakové Placky atau Pancake Kentang

makanan khas Slovakia
image credit : @ingridgregorova

Makanan khas Slovakia ini adalah pancake yang terbuat dari bahan dasar kentang. Makanan ini biasa diberikan sebagai camilan untuk anak-anak sekolah setelah pulang sekolah. Selain itu, makanan ini juga sering menjadi lauk untuk sup. Pancake kentang khas Slovakia terasa lebih nikmat jika digoreng dengan minyak yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Pancake kentang sangat nikmat disantap saat masih hangat bersama dengan susu asam, kefir, atau krim asam.

9. Trdelnik

makanan khas Slovakia
image credit : @vanilliashake

Trdelnik atau juga dikenal dengan kue corong merupakan hidangan yang banyak dijumpai saat musim dingin. Makanan ini biasanya banyak dijual di pasar Natall. Makanan ini cocok menjadi pendamping untuk segelas anggur yang dimasak. Saat mencicipi kue ini, aroma kayu manis dan gula yang meleleh akan memanjakan mulut. Selain disajikan untuk musim dingin, saat ini trdelnik juga sudah mulai banyak dijumpai saat musim panas.

Bedanya saat musim panas, kue corong ini disajikan bersama es krim vanilla sehingga terasa nikmat dan segar. Jadi makanan khas ini dapat dinikmati sepanjang tahun dan kapanpun saat Anda berkunjung ke negara ini.

10. Slovenske Palacinky

makanan khas Slovakia
image credit : @papame_sk

Makanan khas di Slovakia yang terakhir adalah pancake Slovak. Jika pancake biasanya menjadi camilan yang berat, makanan ini benar-benar menjadi camilan yang ringan dan cocok sebagai hidangan penutup. Pancake ini terbuat dari adonan crepes yang tipis dan terasa lumer di mulut karena disajikan dengan selai apricot. Selain selai apricot, ada pula pilihan topping lainnya seperti gula bubuk, selai hazelnut, selai stroberi, dan kayu manis.

Demikian beberapa makanan khas Slovakia yang patut dicoba. Makanan tersebut tentunya sangat cocok untuk melengkapi pengalaman liburan yang menyenangkan dan menikmati suasana yang tenang di Slovakia. 

Selain hidangan di atas, tentunya masih ada banyak lagi hidangan khas Slovakia yang sangat lezat dan patut untuk dicoba khususnya aneka cake dan kue seperti Bratislava Rolls, Opekance, dan lainnya. Selain itu, setiap daerah di Slovakia biasanya juga memiliki hidangan khas dan teknik memasak yang berbeda walaupun memasak jenis hidangan yang sama.

The post Kamu Wajib Coba 10 Makanan Khas Slovakia, Rasanya Greget Dilidah appeared first on GoTravelly.

[ad_2]

Source link