Pecinta Drakor, Berikut 9 Desert Paling Populer Di Korea

Pecinta Drakor, Berikut 9 Desert Paling Populer Di Korea

[ad_1]

1. Bungeoppang

dessert paling populer di Korea
image credit : https://foodphilo.wordpress.com

Makanan atau desert pertama yang wajib Anda cicipi ialah kue yang berbentuk ikan karper atau yang lebih sering disebut ikan mas. Makanan ini diberi nama berdasarkan gabungan dari bahasa korea yaitu bungeo yang memiliki makna karper, dan ppang dengan makna roti. Meski kue ini berbentuk khas ikan, namun bahan utama yang digunakan bukanlah ikan melainkan tepung terigu dengan isian pasta kacang merah.

Rasa khas dari kue ini cukup manis, cocok untuk Anda yang suka cemilan unik dan tidak suka pedas pastinya. Awalnya, kue ini diturunkan dari makanan Jepang yaitu yang kita kenal Taiyaki yang kemudian baru dikenalkan di Korea Selatan sekitar tahun 1930. Anda akan lebih mudah menemukan bungeoppang ini pada musim dingin. Tetapi yang akan segera menghabiskan liburan di musim gugur atau musim lainnya juga bisa menemukan salah satu dari dessert populer Korea ini.

2. Kkultarae

dessert paling populer di Korea
image credit : https://m.dreamers.id

Kue ini keberadaannya disamakan dengan kue khas lain yang ada di negara masing-masing, seperti di Cina ada permen Dragon’s Beard. Nah, banyak sekali kalangan yang mengaku bahwa kue kkultarae ini dalam hal bentuk dan cara membuatnya sama dengan makanan Cina tadi. Kkultarae ini terbuat dari bahan madu yang sudah difermentasi dan diputar hingga ditarik mencapai panjang 16.384 helai. 

Jika ada yang penasaran mengenai bagaimana sejarah awal mula adanya desert ini muncul di permukaan, tidak banyak informasi yang diperoleh. Hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti tidak adanya catatan sejarah yang berhubungan dengan ini. Tetapi, Kkultarae memang memiliki kesamaan dengan makanan Cina tadi hanya saja berbeda dalam hal bahan yang digunakan. Dulu, Kkultarae sering digunakan sebagai hidangan makanan istana untuk raja. 

3. Hwajeon

dessert paling populer di Korea
image credit : https://en.wikipedia.org

Desert populer korea selanjutnya adalah Hwajeon yang menjadi makanan dengan bahan dasar tteok dan kue beras. Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan dessert yang sering muncul di film atau drama korea kebanyakan. Hwajeon ini sebenarnya dijadikan makanan penutup dengan kreasi kue beras yang digoreng. 

Jika dilihat secara etimologi, desert ini memiliki arti bunga goreng yang katanya itu berasal dari Sino-Korea “hwa”.Tahukah Anda bahwa desert ini juga berasal dari bahan utama kelopak bunga asli yang dapat dimakan? Banyak orang tidak percaya dengan hal ini, namun benar adanya bahwa kelopak bunga tadi memang diletakkan di bagian atas desert yang dijadikan hiasan. Maka, bukankah hal ini menarik dan patut untuk Anda coba?

4. Patbingsu 

dessert paling populer di Korea
image credit : http://www.cooktube.in

Desert selanjutnya ini tidak asing lagi bahkan sudah dikenal di seluruh dunia, yang biasa juga disebut dengan patbingsoo. Desert ini merupakan jenis es serut khas yang namanya itu memiliki makna benar-benar mempresentasikan makanan yaitu es serut kacang merah. Untuk yang penasaran dengan bahan yang digunakan dalam desert ini, yaitu es serut, susu kental manis, dan pasta kacang merah.

Mungkin Anda sudah banyak menemukan beberapa usaha yang menjual desert ini secara khusus. Meskipun begitu, pasti rasanya berbeda dari Patbingsu yang asli karena bahan olahan mereka yang unik. Awal mulanya, desert ini memiliki bentuk yang sangat khas kebangsaan dan kerajaan. Hingga lama kelamaan bentuknya itu sudah dimodifikasi hingga menyerupai makanan modern. 

5. Hotteok

dessert paling populer di Korea
image credit : https://seonkyounglongest.com

Desert populer Korea yang selanjutnya ialah Hotteok yang biasa juga dikenal dengan sebutan pancake Korea. Makanan ini terbuat dari tepung gandum, susu, gula, air, dan juga tambahan ragi secukupnya. Berbeda sekali dengan pancake Western pada umumnya, desert yang satu ini memiliki isian manis yang biasanya bisa Anda pilih. Mau varian rasa kacang yang dicincang, madu, gula coklat, atau isian lainnya. 

Sebenarnya, kata Hotteok ini berasal dari bahasa Cina “ho” dengan makna barbarian dan juga bahasa Korea “tteok” yang berarti beras. Makanan yang satu ini bisa dibilang cukup menarik karena tidak semua makanan korea itu ada perpaduan nama dari bahasa Cina. Untuk membuat desert ini biasanya didiamkan dulu beberapa jam yang kemudian dibentuk bulat-bulat dan siap digoreng di wajan. 

6. Yaksik

dessert paling populer di Korea
image credit : https://kimchimari.com

Dessert yang satu ini berasal dari kata “Yak” yang berarti obat dan juga “Sik” yang memiliki makna makanan. Banyak orang sana menyebutkan memang makanan ini sering disebut makanan obat dengan alasan karena adanya madu di dalam desert tersebut. Orang Korea percaya bahwa dari jaman dahulu madu itu memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan. 

Bahan yang digunakan untuk membuat desert ini adalah beras ketan dengan campuran kacang kastanye, jujube, dan juga kacang pinus. Bahasan mengenai sejarah makanan ini memang bisa terbilang sangat unik dan juga penting bagi warga lokal. Berawal dari jaman dahulu ketika raja melakukan piknik dan bertemu dengan tikus gagak. Hingga akhirnya sang tikus berbicara dengan Raja dan memberikan amplop yang berisi arahan untuk kembali ke istana. Hingga, singkat cerita raja ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada gagak dengan membuatkannya desert Yaksik ini.

7. Yagwa

dessert paling populer di Korea
image credit : https://shop.mybluprint.com

Memiliki nama lain gwajil, desert populer Korea ini terbuat dari adonan gandum yang kemudian digoreng membuat makanan ini menjadi unik. Jika anda melihat beberapa drama Korea tempo dulu, itu ada beberapa scene yang memperlihatkan desert ini. Karena, memang desert ini menjadi sajian untuk persembahan demi para leluhur. Tidak dihidangkan setiap harinya, Yagwa ini hanya disajikan di beberapa hari spesial dan khusus saja. 

8. Dasik

dessert paling populer di Korea
image credit : https://twitter.com

Beberapa kelompok atau kalangan di Korea biasanya mencicipi makanan ini sebagai hidangan penutup. Dengan ukurannya yang kecil dan mungil, desert ini tidak sama dengan desert lainnya karena memiliki ukuran yang kecil. Kebanyakan orang Korea menyantap makanan ini sekaligus madu dan juga adanya hidangan teh. Untuk yang suka menambah konten media sosial, wajib mengambil gambar dari desert ini karena colorful dan ukurannya yang mungil menjadi imut. 

9. Songpyeon

dessert paling populer di Korea
image credit : https://www.maangchi.com

Makanan tradisional korea yang menjadi desert populer Korea ini memiliki bentuk setengah bulan. Desert ini terbuat dari beras ketan yang bisa dikategorikan sebagai makanan tipe tteok yang dimakan pada musim gugur Anda wajib mencoba makanan yang diisi oleh madu, kacang merah, hingga biji wijen tinggal sesuaikan selera saja. 

Itulah beberapa jenis desert populer Korea yang pastinya wajib Anda coba beberapa diantaranya saat melakukan perjalanan ke negaranya langsung. 

The post Pecinta Drakor, Berikut 9 Desert Paling Populer Di Korea appeared first on GoTravelly.

[ad_2]

Source link