10 Hotel Ramah Lingkungan di Dunia

hotel ramah lingkungan


Isu global warming yang saat ini semakin kuat beredar  membuat para wisatawan atau turis-turis ikut serta dalam hal penanganannya. Salah satu cara yang mulai dilakukan oleh para turis ialah selektif dalam memilih akomodasi, seperti memilih penginapan atau hotel ramah lingkungan. Faktor lain yang membuat pihak hotel mulai menciptakan penginapan yang ramah lingkungan ialah karena munculnya kesadaran bahwa sektor pariwisata memiliki dampak yang buruk terhadap tempat tersebut.

Nah, saat ini sudah banyak sekali hotel-hotel dengan konsep ramah lingkungan yang tersebar diseluruh dunia. Berikut kami bagikan 10 hotel ramah lingkungan di Dunia yang recommended untuk dikunjungi. Yuk simak selengkapnya.

Hix Island di Isla de Vieques, Puerto Rico

Hotel ini dikenal dengan oasisnya Karibia. Hotel Hix Island memberikan tampilan yang elegan akan tetapi tetap fokus dengan pelestarian alam dan lingkungan sekitar. Sumber energi hotel ini menggunakan baterai dan pengisiannya memanfaat dari tenaga matahari. Atap hotel Hix Island penuh dengan panel-panel untuk pembangkit tenaga surya guna kebutuhan energi hotel.

Air yang digunakan hotel ini adalah air hujan. Bangunan hotel ini juga didesain dengan mengoptimalkan sirkulasi udara secara alami. Selain itu pembuangan air non limbah hotel juga dibuat langsung kealam sekitar. Hebatnya bangun hotel ini tahan gempa bumi, kebakaran, dan anti badai. Pokoknya salah satu hotel paling ramah lingkungan di dunia.

Lefay Resort & SPA Lago di Garda, Italia

hotel ramah lingkungan
agoda.com

Tempat ini adalah salah satu resort bintang lima yang didirikan tanpa mengubah struktur tanah dan lahannya. Kenapa? Karena pihak hotel memang bertujuan membangun hotel ramah lingkungan. Selain itu desain hotel ini juga dibuat agar properti yang digunakan dapat menghemat energi dan mengurangi sirkulasi udara panas. Salah satu tindakan hemat energi yang dilakukan Lefay Resort & SPA Lago ini adalah dengan pemakaian air hujan  yang kemudian didaur ulang untuk memenuhi kebutuhan air hotel. Hal lainnya yaitu sistem pengelolaan sampah yang sangat baik. Seluruh interior yang ada di hotel ini dibuat menggunakan material atau bahan lokal yang ada disekitar.

The Park Hyderabad, India

Butuh waktu 10 menit saja untuk sampai ke hotel dari pusat Hyderabad, The Park Hyderabad juga mendapatkan sertifikat LEED Gold yang diberikan oleh Lembaga Green Building Council Amerika Serikat. Keunikan dari hotel ini yakni kaca-kaca besar yang terpasang pada hotel bermanfaat untuk penetrasi cahaya secara natural. Sehingga hotel ini disebut-sebut mampu menekan penggunaan listrik secara besar. Selain itu dalam operasional setiap hari, The Park Hyderabad memakai transportasi yang ramah lingkungan seperti penggunaan sepeda atau mobil listrik. Meskipun Hotel ini dibangun dengan desain yang modern dan distingtif, akan tetapi The Park Hyderabadjuga berhasil membangun kearifan lokal dan termasuk salah satu penginapan yang ramah lingkungan di dunia.

Spice Island Beach Resort, Spanyol

Pemilik Resort ini adalah Sir Royston Hopkin dan operasional hotel dilakukan oleh keluarganya. Tempat ini sangat cocok untuk turis yang menginginkan liburan menikmati keindahan alami dari Isle of Spice. Jarak Spice Island Beach Resort ini sangat dekat dengan pantai Grand Anse yang terkenal indah. Dalam pemenuhan kebutuhan listrik hotel ini menggunakan energi tenaga surya dan ada banyak program-program ramah lingkungan lainnya yang hotel ini berikan.

Beberapa dukungan yang diberikan Spice Island Beach Resort ialah rutin mengadakan kerja bakti, menanam pohon, dan penggunaan kolam berenang tanpa kandungan zat kimia. Nah, menariknya dalam salah satu program hotel ini mempunyai kebijakan larangan merokok baik itu rokok elektrik pada semua bagian bangunan.

Alila Villas Soori, Bali, Indonesia

Indonesia juga punya hotel yang telah mengembangkan program ramah lingkungan salah satunya yakni Alila Villas Soori yang berada di Bali. Keindahan yang Resort ini tawarkan yakni alam yang sangat menyegarkan dan lokasinya yang sangat jauh dari keramaian. Perlu anda ketahui desain bangunan hotel ini juga dibuat berdasarkan panduan dari EartCheck , gunanya adalah untuk mengurangi kerusakan lahan asli yang memang berada di daerah persawahan masyarakat. Meskipun Alila Villas Soori Resort adalah hotel bintang lima akan tetapi kebutuhan airnya menggunakan sistem tadah hujan. Nah, untuk bahan-bahan makanan sebagian besar juga dibeli dari petani-petani sekitar. Selain makanan bahan material bangunan juga dari bahan lokal. Agar meminimalisir penggunaan AC, hotel ini menggunakan batu vulkanis untuk bangunan dan menanam banyak tumbuhan.

Song Saa Private Island, Koh Rong, Kamboja

Hotel mewah ini berada di pulau privat yang mempunyai privasi eksklusif, hotel ini dirancang dan dibangun memang dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan sekitar terutama terumbu karang. Tidak hanya menjaga kelestarian terumbu karang akan tetapi kehidupan biota laut lainnya yang berada disekitar pulau privat tersebut. Song Saa Private Island melakukan sistem daur ulang air yang digunakan pada sekitaran pulau tersebut dan tidak hanya itu hotel ini juga mengenalkan vegetasi asli pada lingkungan hotel.

Perabotan atau interior yang digunakan juga sangat ramah lingkungan yakni menggunakan bahan kayu pelampung dan kayu-kayu yang didaur ulang dari bekas kapal tua milik nelayan Kamboja. Sehingga dekorasi hotel ini sangat  orisinil dan memunculkan kesan kontemporer.

El Nido Pangulasian, Palawan

hotel ramah lingkungan
cntraveller.com

Menarik sekali hotel mewah ini sangat ramah lingkungan yang mana hotel ini memiliki sistem pengolahan limbah sendiri. Dan mereka memastikan laut tidak terkontaminasi limbah dan hotel El Nido ini juga menerapkan pemisahan pada limbah, yakni memisahkan limbah plastic, organik, dan kertas sebelum dilakukan pendaur ulangan. Tidak hanya itu dalam memenuhi kebutuhan air untuk kamar tamu dan tempat tinggal staff, mereka mengolah air hujan agar bisa digunakan. Pihak hotel El Nido memang tidak main-main dalam menjadikan hotel mereka sebagai hotel ramah lingkungan, kenapa tidak makanan yang disajikan hotel hanya makanan laut yang aman dikonsumsi. Sedangkan aktivitas air hanya boleh kayaking dan snorkeling, tidak boleh ada peralatan bermotor yang malah akan merusak laut.

Hotel Icon, Hongkong

hotel ramah lingkungan

Menarik sekali hotel ini mempunyai lebih dari 8 ribu tanaman yang menjulang tinggi mengelilingi hotel. Konsep ramah lingkungan hotel ini mulai dari penggunaan energy yang efisien dalam pemanas dan pendinginan ruangan. Selain itu juga pencahayaan dan penggunaan ventilasi udara yang alami dan hotel ini juga sudah mulai mengurangi penggunaan kertas yakni dapat dilihat dari tidak ada pemakaian kertas saat proses check in. Menariknya hotel Icon ini juga memberikan layanan antar jemput bandara menggunakan mobil berbahan bakar listrik.

Garonga Safari Camp, Afrika

hotel ramah lingkungan
v
Booking.com

Terdapat 12 tenda eksklusif yang bersemayam di Garonga Safari Camp dan lokasi tepatnya berada di daerah Phalaborwa Afrika Selatan. Hotel ini menjadi andalan oleh penduduk lokal, dimana pihak hotel memberdayakan masyarakat sekitar dengan cara memberikan mereka kesempatan bekerja di hotel. Langkah lain yang dilakukan Garonga Safari Camp dalam hal ramah lingkungan ialah kebutuhan bahan makanan yang dibeli dari para petani sekitar. Program menarik yang ada di hotel ini ialah kolaborasi hotel dengan tamu dalam menanam pohon Spesbok.

Hi Hotel, Nice, Prancis

Daya tarik hotel ini adalah privat beach dan kolam berenang rooftop. Melalui terobosannya dalam mendaur ulang kertas, penggunaan cat organik untuk lapisan dinding, penyajian makanan berbahan organik, dan penggunaan produk pembersih yang ramah lingkungan telah mengantar Hi Hotel Eco Spa & Beach memperoleh sertifikat Go Green. Sungguh penginapan yang sangat ramah lingkungan dan peduli dengan kelangsungan Bumi.

The post 10 Hotel Ramah Lingkungan di Dunia appeared first on GoTravelly.



Source link