10 Kuliner Khas Azerbaijan

kuliner khas azerbaijan


Mungkin Anda kurang begitu familiar dengan negara Azerbaijan sebagai salah satu destinasi wisata halal di kawasan Asia. Ya, negara yang berbatasan dengan Turki ini merupakan pecahan negara Uni Soviet sebelum bubar tahun 1991 lalu. Dikenal sebagai negara yang tertutup, Azerbaijan modern lebih terbuka pada wisawatan asing saat ini. Kalau Anda berencana liburan ke negara yang memiliki wisata gunung api populer di dunia, wajib menikmati 10 kuliner khas Azerbaijan berikut ini.

1. Plov

image credit : @food4shak

Masyarakat Azerbaijan memang tidak bisa lepas dari pangan utama berupa nasi. Negara yang hanya memiliki penduduk belasan juta saja ini memiliki deretan kuliner yang tak lepas dari pengaruh Iran, Turki dan kawasan Mediterania. Ada setidaknya 40 resep plov atau pilaf Azerbaijan yang berbeda. Plov merupakan kuliner khas Azerbaijan yang bersifat nasional atau bisa Anda temukan di seluruh wilayah di negara ini.

Saat Anda mencicipi plov yang ada di Baku belum tentu memiliki citarasa sama dengan daerah lain. Setiap restoran menyediakan menu plov yang berbeda sehingga Anda harus menikmati nasa rasa safron yang telah dibumbui dan disajikan dengan bahan unik lain seperti kurma, daging goreng atau sayuran.

2. Dolma

kuliner khas azerbaijan
image credit : @selaysbakeoff

Bisa dikatakan kalau kuliner khas Azerbaijan tidak bisa dipisahkan dari Turki. Salah satu makanan khas yang wajib dinikmati di kota Baku adalah Dolma. Dolma merupakan sejenis daging cincang yang dicampur dengan nasi yang dibungkus menggunakan daun anggur secara tradisional. Citarasa dolma begitu istimewa sebab nasi telah dibumbui rempah-rempah seperti mint, adas dan kayu manis. Anda bisa memilih menu dolma asam manis atau dolma ikan sesuai dengan selera masing-masing ya!

 Anda juga harus tahu kalau dolma daun anggur bisa Anda temukan saat musim semi dan dingin, sedangkan dolma dibungkus daun kubis pada musim gugur. Kalau musim panas, dolma disajikan dalam bungkus terong dan cabai. Kuliner khas Azerbaijan yang anti mainstream ya!

3. Tika kabab

kuliner khas azerbaijan
image credit : @helmandkababhouseajax

Mau mencari kuliner khas Azerbaijan yang mirip dengan sate di Indonesia? Anda sebaiknya menikmati hidangan dari daging domba yang telah direndam dengan campuran bumbu bawang bombai, cuka serta jus delima. Aroma makanan bernama tika kabab yang dibakar di atas pemanggang akan menggugah selera Anda. Makanan ini merupakan hidangan daging paling populer di Azerbaijan yang wajib masuk dalam daftar kuliner Anda.

4. Bastirma

kuliner khas azerbaijan
image credit : @tinovrosso

Kebab tak hanya identik dengan Turki saja sebab Azerbaijan juga memiliki kuliner kebab namun memiliki citarasa lebih unik. Kebab dari Azerbaijan lebih terasa lezat sebab harus direndam dengan saus dan rempah-rempah terlebih dahulu. Cara memasak selanjutnya sama dengan membuat kebab dari Turki. Anda bisa mendapatkan kuliner bernama bastirma ini di sudut jalan atau gang-gang yang ada di Azerbaijan. Kebab dari Azerbaijan memiliki ukuran yang lebih besar dengan pilihan harga mencapai 80 ribu rupiah lho! Mau mencoba bastirma?

5. Piti

kuliner khas azerbaijan
image credit : itinari

Kuliner khas Azerbaijan sangat beragam mengingat negara yang berada di Pegunungan Kaukasus ini memiliki 9 iklim yang berbeda. Salah satu kuliner nasional Negara Api adalah Piti. Piti merupakan sup yang terbuat dari olahan bahan daging dan sayuran super lezat. Potongan-potongan daging domba yang telah dimasak dengan sayuran dalam kaldu.

Cara memasak piti menggunakan pot tanah liat yang masih bergaya tradisional. Tak heran kalau tekstur rasa yang ditawarkan begitu istimewa. Anda harus mencicipi makanan nasional Azerbaijan saat berkunjung ke ibukota Baku ya!

6. Ovdukh

kuliner khas azerbaijan
image credit : @khinkali_na_shota_rustaveli

Menikmati sup hangat mungkin sudah biasa namun Anda harus mencicipi sup dingin yang bernama Ovdukh saat liburan ke Azerbaijan. Ovdukh sendiri merupakan sup dingin yang terbuat dari campuran air matsoni dan dituangkan di atas irisan mentimun, daging cincang rebus, irisan telur rebus serta sayuran. Ada banyak sayuran yang digunakan seperti daun mint, daun ketumbar, daun basil, daun tarragon dan lain-lain.

7. Kufta Bozbash

kuliner khas azerbaijan
image credit : @recepti_dla_lubimix

Kuliner khas Azerbaijan yang wajib Anda nikmati selanjutnya adalah kufta bozbash. Buat wisatawan asal Indonesia, kufta bozbash mungkin kuliner pengganti rasa rindu pada bakso. Hanya saja bakso kufta bozbash berukuran lebih besar dan terbuat dari olahan daging domba cincang dan nasi. Ada pula yang menambahkan tambahan bahan plum kering di dalam bakso tersebut. Menikmati seporsi sup précis dengan bakso daging domba serta kentang rebus akan membuat perut Anda kenyang. Bersiap mengeksplor Old Town di Baku tanpa rasa lapar ya!

8. Dovga

kuliner khas azerbaijan
image credit : @rhealthy_life_roksi

Ada banyak sajian sup yang terkenal sebagai kuliner khas Azerbaijan favorit banyak wisatawan asing. Selain piti dan kufta bozbash, Anda juga harus menikmati kuliner bernama Dovga. Dovga merupakan sejenis sup berbahan dasar yoghurt yang menyehatkan. Sup ini disajikan dengan tambahan sorrel bayam, nasi, ercis kering dan bakso daging domba. Tak peduli musim dingin atau musim panas, Anda tetap bisa menikmati kuliner Dovga kapan saja. Hal ini dikarenakan Dovga bisa disajikan panas atau dingin sesuai dengan iklim.

9. Shekerbura

kuliner khas azerbaijan
image credit : @turkiyeden.herseyin.sifarisi

Setelah Anda menikmati aneka sajian menu utama di restoran khas Azerbaijan, wajib memesan menu hidangan penutup. Hidangan penutup di negara yang berpenduduk mayoritas muslim ini adalah shekerbura yang memiliki bentuk mirip bulan sabit dengan isi kacang-kacangan seperti almond, kacang hazel dan kenari. Kalau Anda berkunjung pada musim semi yang indah di Azerbaijan, jangan lupa menikmati kuliner khas Azerbaijan ini.

10. Serbat

kuliner khas azerbaijan
image credit : @indische_cafe

Mungkin Anda harus tahu bahwa minuman nasional Azerbaijan adalah teh hitam. Anda juga bisa menikmati ayran yang bisa dijumpai di pinggir jalan sekalipun. Tetapi Anda tidak boleh melewatkan kesempatan menikmati minuman khas negara asal Maulana Malik Ibrahaim bernama serbat.

Ya, serbat Azerbaijan berbeda dengan minuman sorbet yang ada di Iran atau bertektsur kental ala Tajikistan. Sarbet Azerbaijan merupakan minuman dingin yang manis dan terbuat dari campuran jus buah yang telah direbus dengan gula. Biasanya minuman enak ini beraroma wangi sebab penambahan air mawar yang memberikan sensasi rasa berbeda. Kedengarannya enak ya?

Tentu masih ada banyak kuliner khas Azerbaijan yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Baku. Azerbaijan juga memiliki hidangan pembuka yang cocok untuk lidah Anda sebelum menikmati makanan utama. Hidangan pembuka ala negara Asia Tengah ini antara lain goy, keju putih, yoghurt asam dan lain-lain. Ada pula sajian roti yang dipanggang menggunakan oven tanah liat yang disebut tandoor. Dushbara yang merupakan dumpling khas yang disajikan dengan kaldu daging kambing wajib pula Anda nikmati.

Nah, apakah Anda siap mengeksplore destinasi wisata di Azerbaijan yang dijadikan Jalur Sutra masa lalu? Tak hanya puas menikmati aneka wisata alam, sejarah dan budaya saja, Anda juga harus menikmati kuliner khas Azerbaijan yang menggoda. Dijamin Anda akan jatuh cinta pada negara yang melahirkan maestro kisah Layla dan Majnun ini.

The post 10 Kuliner Khas Azerbaijan appeared first on GoTravelly.



Source link