10 Makanan Khas Pekalongan, Lezatnya Nggak Ketulungan

10 Makanan Khas Pekalongan, Lezatnya Nggak Ketulungan

Makanan khas dari suatu daerah menjadi suatu harta berharga bagi setiap daerah yang ada. Sebab makanan khas tersebut dapat menjadi suatu cerminan budaya dan keanekaragaman yang ada di satu daerah tertentu. Dan Indonesia juga menjadi surga untuk keanekaragaman kuliner yang semuanya menggugah selera. Sebagai contohnya adalah daerah Pekalongan yang juga memiliki banyak sekali makanan khas. Makanan khas Pekalongan dapat menjadi destinasi wisata kuliner unggulan bagi Anda.

Makanan khas Pekalongan sendiri memiliki banyak macam dengan variasi rasa yang berbeda-beda. Akan tetapi, yang jelas semua makanan khas tersebut pasti memiliki cita rasa yang jempolan dan sangat lezat. Sebelum mengetahui apa saja makanan khas daerah ini, maka kenali dahulu seperti apa Kota Pekalongan itu pada ulasan di bawah ini.

Mengenal Kota Pekalongan

Anda sudah pasti tidak asing lagi dengan kota ini, Kota Pekalongan merupakan salah satu kabupaten besar yang ada di Jawa Tengah. Kota ini sebenarnya lebih dikenal di mata dunia dan juga dalam negeri sebagai salah satu sentra dari pembuatan batik yang memiliki motif yang sangat beragam dan indah. Padahal, Pekalongan juga memiliki ciri khas lain yang dapat Kita nikmati sebagai contohnya adalah dari keberagaman makanan khas Pekalongan.

Kota Pekalongan ini bisa menjadi destinasi bagi Anda untuk menghabiskan waktu liburan dengan melakukan wisata kuliner. Ada banyak sekali makanan khas Pekalongan yang harus Anda coba ketika Anda mengunjungi kota ini. Berikut rekomendasi 10 makanan khas dari daerah Pekalongan tersebut!

Daftar 10 Makanan Khas Pekalongan

Dan bagi Anda yang berniat untuk pergi ke Pekalongan, berikut merupakan rekomendasi 10 makanan khas Pekalongan yang harus Anda coba karena cita rasanya yang dijamin akan menggugah selera Anda.

1. Sego Megono

makanan khas Pekalongan

Rekomendasi makanan khas Pekalongan yang pertama adalah Sego Megono. Menu makanan khas yang satu ini merupakan makanan yang terdiri dari nasi yang dilengkapi oleh sayur olahan nangka muda. Nangka muda yang ada di sego megono ini diiris dengan bentuk yang kecil-kecil.

Makanan sego megono ini biasanya akan digunakan sebagai makanan untuk sarapan bagi masyarakat asli Pekalongan. Akant tetapi menu makanan yang satu ini juga bisa digunakan untuk menu makan siang ataupun menu makan malam. Untuk lauk nya sendiri bisa dilengkapi dengan olahan lain yang lebih bermacam-macam.

2. Tauto

makanan khas Pekalongan

Kemudian makanan khas Pekalongan yang kedua adalah Tauto. Tauto ini merupakan olahan soto akan tetapi dengan tambahan tauco dalam bumbunya. Disinilah letak keunikan dari tauto ini karena menggunakan tauco sebagai tambahan bumbu di olahan tauto ini.

Untuk tauto sendiri karena berbentuk seperti soto, maka daging juga bisa ditambahkan dalam menu ini. Untuk dagingnya sendiri bisa beraneka macam mulai dari daging ayam, sapi, atau bahkan kerbau. Itu semua akan tergantung selera masing-masing. Pelengkap dari Tauto ini adalah sambal yang khas dari Pekalongan dengan rasa yang pedas.

3. Pindang Tetel

makanan khas Pekalongan

Meskipun memiliki nama pindang, olahan ini justru tidak mengandung ikan sama sekali. Melainkan tetelan sapi. Pindang tetel menjadi salah satu makanan khas Pekalongan yang wajib untuk Anda coba ketika mengunjungi kota ini. Saat proses memasak makanan ini, biasanya ditambahkan kluak atau kluwek untuk memberikan warna gelap, persis seperti proses memasak rawon daging pada daerah Jawa Timur.

Hidangan pindang tetel ini akan lebih lengkap jika disajikan dengan tambahan kerupuk warna-warni yang semakin membuatnya menggoda lidah Anda untuk dicicipi.

4. Kluban

makanan khas Pekalongan

Hidangan kluban mungkin akan hampir sama dengan olahan kulupan seperti yang ada di Jawa Timur. Makanan khas Pekalongan yang satu ini memadukan sayur kol, kacang panjang, bayam, tauge, serta kangkung yang telah direbus dan kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa. Olahan kluban ini biasanya identik dengan rasa pedas dan akan disajikan pada saat lebaran tiba.

5. Ongol-ongol

makanan khas Pekalongan

Makanan khas Pekalongan yang satu ini mungkin akan lebih tepat jika disebut sebagai makanan ringan atau camilan. Hidangan yang satu ini disebut sebagai ongol-ongol. Ongol-ongol ini terbuat dari bahan dasar tepung sagu yang mana dicampurkan dengan gula merah atau gula jawa sebagai pelengkapnya. Untuk makanan satu ini banyak yang menyukainya karena rasanya yang manis, gurih, dan juga cukup mengenyangkan untuk dinikmati.

6. Lontong Lemprak

makanan khas Pekalongan

Hidangan yang satu ini merupakan menu yang terbuat dari bahan utama yaitu ayam kampung. Ayam kampung yang telah digoreng kemudian diberikan tambahan kuah kental yang memiliki aroma dan bumbu rempah yang sangat kuat. Makanan khas Pekalongan yang satu ini mungkin hampir mirip dengan olahan soto pula akan tetapi di Pekalongan menu ini disajikan dengan potongan lontong sebagai pelengkapnya.

7. Garang Asem

makanan khas Pekalongan

Garang asem menjadi menu makanan khas Pekalongan selanjutnya yang wajib untuk Anda coba ketika mengunjungi kota ini. Olahan garang asem khas Pekalongan terbuat dari tetelan sapi yang telah direbus hingga empuk kemudian ditambahkan kuah asem yang bening dan segar.

Biasanya masyarakat Pekalongan menikmati hidangan ini dengan tambahan beberapa jeroan sapi dan juga telur ayam. Ada pula beberapa masyarakat yang lebih menyukai makanan ini ketika memiliki cita rasa pedas sehingga beberapa dari mereka menambahkan cabai di dalam kuah garang asem tersebut.

8. Apem Kesesi

makanan khas Pekalongan

Salah satu kue tradisional asal Pekalongan adalah apem kesesi. Apem kesesi ini terbuat dari bahan kombinasi antara tepung beras dan juga gula aren. Apem ini menjadi salah satu camilan kue yang sangat digemari oleh masyarakat Pekalongan itu sendiri. Selain itu, juga banyak yang membawa olahan apem kesesi ini sebagai oleh-oleh atau buah tangan dari Pekalongan.

Biasanya olahan apem ini diletakkan diatas daun pisang yang akan menjadi dasarannya. Pinggir dari kue apem kesesi ini akan dibuat tipis dan pipih dengan warna coklat yang berasal dari gula aren.

9. Kue Lumpang

makanan khas Pekalongan

Kemudian, rekomendasi makanan khas Pekalongan kembali hadir dari jenis kue, yaitu adalah Kue Lumpang. Kue ini merupakan olahan yang menggunakan areh atau jenis santan kelapa yang dimasak hingga mengental. Kemudian, olahan ini akan ditambahkan dengan daun bawang yang ditaburkan sedikit pada bagian atas dari kue Lumpang ini.

Rasa dari olahan khas Pekalongan yang satu ini dominan dengan rasa gurih yang didapatkan dari areh atau santan kelapa itu tadi. Olahan ini akan sangat cocok untuk Anda yang suka jajanan tradisional.

10. Glundung

makanan khas Pekalongan

Dan rekomendasi makanan khas Pekalongan yang terakhir adalah Glundung. Makanan ini merupakan olahan jajan yang memiliki bahan baku berupa ketela pohon. Olahan ini dilengkapi dengan gula aren sebagai isinya. Diberi nama glundung karena bentuknya yang bulat seperti bola yang dapat digelindingkan oleh karena itu jajanan ini diberi nama glundung.

Nah, itulah rekomendasi 10 makanan khas Pekalongan yang wajib untuk Anda coba ketika pergi ke Pekalongan. Jangan lupa berwisata kuliner saat di Pekalongan ya!

AKDSEO