Sun. Nov 17th, 2019

Wisata Kuliner

Traveling

11 Makanan Khas Dubai

5 min read
makanan khas Dubai

[ad_1]

Dubai dikenal sebagai salah satu kota yang paling maju di abad Millenium ini. Ibukota Uni Emirat Arab ini menjadi destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi bersama orang-orang tercinta. Mau menikmati wisata malam di Burj Khalifa, kenapa tidak? Traveling tidak akan lengkap tanpa menjelajah wisata kuliner di Dubai. Kalau Anda ingin menikmati kuliner di UEA, berikut 11 makanan khas Dubai yang wajib Anda cicipi.

1. Shawarma

Makanan khas Dubai yang wajib Anda cicipi adalah shawarma. Sebenarnya menu yang berasal dari daging domba yang bisa Anda temukan saat wisata di jazirah Arab bahkan shawarma diyakini berasal dari Turki. Daging domba akan diasap  dan disajikan bersama dengan sayuran, acar, kentang goreng dan saus bawang putih. Hampir menyerupai kebab, shawarma banyak disajikan dengan roti sehingga cocok dijadikan sebagai menu sarapan pagi.

2. Tabbouleh

makanan khas Dubai
feastingathome.com

Jazirah Arab identik dengan berbagai menu yang berasal dari daging domba. Kalau Anda bukan pecinta daging, sebaiknya mengetahui makanan khas Dubai yang cocok untuk vegetarian yaitu tabbouleh. Makanan yang diyakini berasal dari Suriah ini terbuat dari potongan tomat, peterseli, bulgur, mint dan daun bawang. Makanan ini dibumbui dengan minyak zaitun, perasan lemon dan garam.

Ada pula orang yang menambahkan bawang putih serta selada. Bisa pula mengganti bahan bulgur dengan couscous. Sesuaikan saja dengan selera Anda menikmati makanan tradisional Dubai yang masuk Golden Glober 2014 ini.

3. Unta isi

Kalau Anda penasaran dengan makanan khas Dubai yang paling anti mainstream, wajib tahu dengan kuliner unta isi. Unta isi masuk dalam Guinness Book of World Records sebagai makanan terbesar yang ada di dunia. Kok bisa? Ya, Anda bakal menikmati seekor daging unta utuh yang diisi dengan daging domba, ayam, telur serta ikan yang telah dipanggang.

Proses memasak makanan asli suku Badui Timur Tengah ini membutuhkan waktu yang lama atau 24 jam penuh. Tak heran kalau Anda bisa menikmati unta isi saat perayaan atau pesta bangsawan Arab. Wah, dijamin perut Anda bakal kenyang saat menikmati kuliner unta isi di Dubai.

4. Matchbous

makanan khas Dubai
almajlesdiyafa.com

Anda pasti tidak asing dengan menu khas Indonesia bernama nasi kebuli. Nah, Dubai juga memiliki kuliner yang hampir mirip dengan nasi kebuli bernama matchbous. Matchbous terbuat dari nasi, tomat dan daging domba yang telah dibumbui. Semua bahan akan dimasak dengan kaldu yang nikmat lho! Anda akan menikmati makanan khas Dubai sering disantap dengan loomi serta saus yang terbuat dari perasan jeruk limau dengan tambahan air garam.

5. Al Harees

makanan khas Dubai
foodieadvice.com

Makanan dari Timur Tengah memang tidak lepas dari daging sehingga Anda akan menemukan kuliner terkenal bernama Al Harees. Al Harees terbuat dari gandum dan potongan daging yang dimasak dan dibumbui garam atau aneka rempah. Bubur khas Timur Tengah ini menjadi sajian bulan Ramadhan yang telah diwariskan secara turun temurun.

Adonan bubur yang kental biasanya perlu pemanggangan selama beberapa jam terlebih dahulu. Makanan khas Dubai ini dihidangkan dengan taburan cacahan kacang yang nikmat. Dijamin perut Anda bakal langsung kenyang setelah menikmati kuliner dari Dubai.

6. Esh Asarya

makanan khas Dubai
totaluaestuff.wordpress.com

Bosan dengan menu makanan berat yang ada di Dubai? Anda wajib menikmati kudapan khas Timur Tengah bernama Esh Asarya. Makanan ini memiliki bentuk pie atau cheese cake yang lembut. Perpaduan rasa kue yang lembut, manis dengan tambahan krim putih lumer akan membuat Anda jatuh cinta.

Esh Asarya atau Bread of the Hareem menjadi camilan favorit banyak kalangan saat liburan asyik ke Dubai. Kalau Anda ingin menikmati waktu santai atau menginap di Burj Khalifa, jangan lupa memesan kudapan manis dan lembut satu ini ya!

7. Mehalabiya

makanan khas Dubai
scarfgalfood.com

Membicarakan makanan penutup yang enak setelah mengkonsumsi menu berat yang terbuat dari daging, pasti tidak akan lepas dari panganan bernama mehalabiya. Ya, Anda wajib mencicipi makanan khas Dubai yang sering menjadi pilihan penutup makan utama ini. Mehalabiya sendiri terbuat dari susu ini memiliki citarasa yang manis dan segar. Biasanya tambahan air mawar dan pistachious membuat puding asli Dubai memiliki rasa yang unik. Jadi, pastikan Anda mencicipi puding dari Timur Tengah yang memiliki rasa istimewa ini!

8. Lugaimat

makanan khas Dubai

Salah satu menu yang khas dari Timur Tengah dan bisa Anda temukan di restoran yang ada di Dubai adalah lugaimat. Semangkuk lugaimat bisa menjadi menu kudapan manis untuk memulai makan besar Anda. Saat bulan Ramadhan tiba, lugaimat sering dijadikan sebagai menu takjil yang enak.

Perubahan resep yang lebih modern membuat dumpling manis ini bisa menjadi menu favorit Anda. Lugaimat telah disajikan dengan pilihan sirup kurma dan biji wijen atau menggunakan bahan pelengkap lain seperti pistachio bubuk, karamel, kemiri asin, cokelat putih, dan selai berry yang enak. Anda tertarik menikmati menu pembuka ini?

9. Falafel

makanan khas Dubai
splendidtable.org

Salah satu makanan yang terkenal di jazirah Arab  ini memang bisa Anda temukan di mana-mana. Anda bisa menikmati falafel di Suriah, Yordania, Arab, Turki, UEA dan lain-lain. Kawasan Timur Tengah memang menjadikan menu falafel sebagai makanan harian. Tak heran kalau Anda juga bsia menjumpai falafel di restoran Dubai.

Falasel sendiri merupakan adonan bola-bola dari kacang Arab yang digoreng. Rasa falafel yang crispy biasa disajikan dengan sayuran atau kentang baik rebus, panggang atau goreng. Kalau di Indonesia, falafel hampir sama dengan perkedel yang enak. Nah, apakah Anda tertarik menikmati makanan khas Dubai ini?

10. Ayran

makanan khas Dubai
giverecipe.com

Ayran adalah salah satu menu yang biasa ada dalam daftar makanan khas Dubai. Ayran adalah minuman yang terbuat dari bahan yoghurt dengan sensasi asam dan creamy. Banyak orang menikmati ayran dengan tambahan air garam serta es batu. Bagi Anda yang tidak suka rasa asin, minum ayran jelas akan terasa aneh. Tetapi ayran menjadi minuman paling disukai saat cuaca Dubai yang terik.

11. Cokelat Unta

Mencari makanan khas Dubai sekaligus oleh-oleh yang pas untuk keluarga di rumah, Anda wajib memilih panganan unik bernama cokelat unta. Ya, cokelat unta merupakan panganan yang paling banyak dinikmati banyak orang. Rasa cokelat unta begitu enak dan lembut di mulut. Toh, ada banyak pilihan isi di dalam cokelat seperti rempah-rempah, susu, kurma dan kacang-kacangan. Dijamin semua orang yang mendapatkan buah tangan dari Anda bakal jatuh cinta dengan sensasi rasa cokelat unta.

Anda bisa membeli aneka cokelat unta di berbagai toko atau pusat oleh-oleh yang ada di Dubai seperti Burj Al Arab, Burj Khalifa, Dubai Mall, The Palm, dan masih banyak pilihan lain. Merek cokelat unta yang paling populer dan direkomendasikan adalah Al Nassma.

Apakah Anda sudah siap menjelajah modernitas yang ditawarkan kota Dubai? Agendakan libur menyenangkan Anda di salah satu kota dengan tarif hidup termahal sedunia. Jangan lupa untuk hunting kuliner selama Anda berlibur di kota yang mendapat julukan sarang orang kaya ini. Rekomendasi makanan khas Dubai yang lezat di atas akan membuat lidah Anda enggan berhenti bergoyang.

The post 11 Makanan Khas Dubai appeared first on GoTravelly.

[ad_2]

Source link