makanan khas Indonesia disajikan saat HUT RI

10 Makanan Khas Indonesia yang Biasa Disajikan Untuk Merayakan Hari Kemerdekaan RI

[ad_1]

Tanpa terasa sudah memasuki bulan Juli nih. Ini artinya satu bulan lagi kita akan merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Tepatnya pada tanggal 17 Agustus. Untuk menyambut HUT kemerdekaan Indonesia ini, biasanya warga di seluruh daerah yang ada di Indonesia sibuk merancang beranekaragam kegiatan. Kegiatan-kegiatan yang paling umum adalah mengadakan berbagai macam lomba. Ada lomba balap karung, panjat pinang, tarik tambang dan masih banyak lomba-lomba legendaris lainnya.

Namun tahukah kamu? Selain mengadakan lomba, berbagai kuliner khas Indonesia juga turut disajikan untuk lebih menyemarakkan suasana kemerdekaan. Berikut ini adalah beberapa makanan khas hari merdeka di Indonesia.

1. Nasi Tumpeng

makanan khas Indonesia disajikan saat HUT RI
image credit : https://www.idntimes.com

Hidangan yang wajib disajikan saat merayakan pesta ulang tahun, termasuk ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia adalah Nasi Tumpeng. Biasanya untuk pesta ulang tahun pada umumnya nasi yang digunakan untuk membuat Nasi Tumpeng adalah nasi kuning yang dibentuk kerucut besar. Nasi tersebut diletakkan ke dalam tampah bundar yang terbuat dari anyaman bambu. Sedangkan lauk pauk pendampingnya diletakkan di sekeliling nasi. Lauk pauk yang umum digunakan adalah rendang, ayam goreng, telur balado, mie, tempe, tahu, sayuran dan masih banyak lainnya.

Namun khusus untuk HUT RI ada variasi lain selain nasi kuning. Variasi yang dimaksud adalah Nasi Tumpeng Merah Putih. Nasi Tumpeng Merah Putih memiliki bentuk dan lauk pendamping yang sama. Satu-satunya yang membedakannya adalah warna dari nasi yang digunakan untuk membuat tumpeng. Nasi Tumpeng Merah Putih memiliki warna merah di bagian atas dan putih di bagian bawah. Ini dikarenakan Nasi Tumpeng Merah Putih terbuat dari nasi merah dan nasi putih.

2. Kue Bambu Runcing

makanan khas Indonesia disajikan saat HUT RI
image credit : https://www.tokopedia.com

Kue bambu runcing adalah salah satu masakan khas hari merdeka di Indonesia. Seperti namanya kue ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan bambu runcing. Kue ini sebenarnya merupakan inovasi dari kue dadar gulung. Kue dadar gulung ini dibentuk menyerupai bambu runcing dan dipadukan … Read the rest

tempat bersejarah menjadi saksi kemerdekaan RI

10 Tempat Bersejarah Di Indonesia Menjadi Saksi Kemerdekaan Republik Indonesia

[ad_1]

Wisata Sejarah di Indonesia sangat banyak dan tentunya sangat menarik untuk dikunjungi serta dipelajari. Dengan mengunjungi sekaligus mempelajari sejarah-sejarah beserta bangunannya yang ada di Indonesia, berarti kita sudah berpartisipasi dalam melestarikan sejarah-sejarah tersebut. Ada banyak sekali wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi untuk menambah wawasan beserta kerabat dan keluarga. Mengunjungi dan mempelajari wisata sejarah Indonesia tentunya sangat bagus untuk edukasi, terutama untuk anak-anak agar menanamkan nilai nasionalisme di dalam diri mereka.

Berikut ini adalah 10 Tempat Paling Bersejarah Menjadi Saksi Kemerdekaan RI :

1. Lawang Sewu (Semarang)

tempat bersejarah menjadi saksi kemerdekaan RI
image credit : @seputarsemarang

Nama Lawang Sewu tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Gedung bersejarah ini terletak di Semarang, Jawa Tengah. Pada masa itu, yaitu sekitar tahun 1904 gedung ini dibangun dan selesai pada tahun 1907. Lawang Sewu dulunya merupakan kantor untuk Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau yang biasa dikenal sebagai NIS. Gedung ini terletak di Bundaran Tugu Muda.

Pada awalnya, kegiatan administrasi dilakukan di kantor Stasiun Semarang NIS. Namun, dengan bertambahnya waktu juga mengakibatkan perkembangan jalur kereta di Semarang menjadi semakin pesat dan mengakibatkan bertambahnya kebutuhan akan personil teknis dan tenaga administrasi yang lebih besar sehingga kantor NIS dianggap tidak lagi memadai. Hal ini lah yang kemudian membuat Belanda menyewa beberapa bangunan untuk dijadikan kantor NIS. Setelah melewati beberapa pertimbangan, akhirnya dibangunlah Lawang Sewu yang akhirnya dijadikan kantor pusat NIS yang luas dan memadai.

2. Benteng Rotterdam (Makassar)

tempat bersejarah menjadi saksi kemerdekaan RI
image credit : https://situsbudaya.id

Benteng Rotterdam atau kerap kali dikenal sebagai Benteng Ujung Pandang merupakan benteng bersejarah peninggalan dari Kerajaan Gowa-Tallo. Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh seorang raja yaitu Raja Gowa ke-9. Benteng ini juga menjadi saksi bisu dalam kemerdekaan Bangsa Indonesia dalam melawan Belanda pada masa itu.

Pada mulanya, benteng ini dibangun dengan konstruksi tanah liat, dan baru ketika pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14, benteng ini direnovasi … Read the rest