5 Filosofi Nasi Tumpeng Yang Biasa Disajikan Di Hari Kemerdekaan

5 Filosofi Nasi Tumpeng Yang Biasa Disajikan Di Hari Kemerdekaan

[ad_1]

Pada beberapa tempat di Indonesia, filosofi tumpeng nasi kuning masih dapat dirasakan melalui perayaan HUT RI atau acara seremonial lainnya. Tumpeng nasi kuning masih dihadirkan sebagai salah satu item dalam perlombaan HUT kemerdekaan RI atau meski tumpeng tidak diperlombakan namun tetap dihadirkan untuk disantap bersama. Biasanya tumpeng mendapat penilaian dalam hal rasa, keunikan, serta kerapiannya. Tumpeng hingga saat ini masih dipercaya dapat membuat suasana perayaan HUT kemerdekaan menjadi lebih akrab dan kekeluargaan diantara warga. Kita ketahui bahwa tumpeng merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat kita, terutama saat peringatan peristiwa atau momen penting.

Ternyata filosofi tumpeng nasi kuning memiliki makna dari setiap jenis lauk yang menemani nasi tumpeng tersebut. Berikut beberapa makna tersebut:

1. Nasi Putih pulen

image credit : https://food.detik.com

Dulunya nasi tumpeng dibuat berbahan nasi putih. Meskipun pada saat ini nasi tumpeng telah tersedia dalam berbagai variasi tertentu. Sebagian orang membuat nasi tumpeng dengan bahan beras putih. Beras putih tersebut diolah dengan mencampurkan santan ke dalamnya hingga aroma yang dihasilkan akan beraroma wangi kelapa. Namun kini juga tersedia nasi tumpeng kuning dengan tambahan warna dan aroma kunyit yang khas. Nasi putih dan nasi kuning tumpeng dengan bentuknya yang kerucut melambangkan bahwa sesuatu yang di makan harus berasal dari suatu sumber yang bersih juga halal.

2. Bentuk Ikan lele

image credit : http://www.masakapaya.com

Tidak hanya ayam namun sebenarnya nasi tumpeng pun biasanya dilengkapi akan ikan lele. Meski saat ini kebanyakan orang  lebih memilih jenis ikan lain selain lele. Ikan Lele sebagai lauk nasi tumpeng memiliki makna akan ketabahan dan keuletan dalam hidup. Diilhami dari karena bentuk ikan lele yang bentuknya tidak begitu menarik. Hal ini diyakini karena ikan lele dapat bertahan hidup pada air yang tak mengalir juga dapat hidup di dasar sungai.

3. Campuran sayur urap

Di samping lauk dan pauk lainnya maka pelengkap lain yang selalu menemani tumpeng nasi uduk atau tumpeng … Read the rest