7 Kuliner Khas Rumania, Yakin Nggak Pingin Coba?

7 Kuliner Khas Rumania, Yakin Nggak Pingin Coba?

[ad_1]

Liburan telah tiba, tentunya Anda akan menghabiskan waktu Anda bersama – sama dengan keluarga Anda bukan? ada yang menghabiskan waktu dirumah, dan mungkin ada pula yang menghabiskan waktu dengan pergi berekreasi. Pergi berekreasi pun juga berbagai macam. Bahkan ada yang sampai menghabiskan waktu di luar negeri untuk dapat menghabiskan waktu liburan ini bersama dengan keluarga Anda masing – masing.

Nah, salah satu negara yang menjadi destinasi liburan adalah Rumania. Rumania sendiri merupakan salah satu negara yang sering diperdengarkan, apalagi jika Anda merupakan penggemar dari film Hotel Transylvania yang memang memiliki latar belakang tempat di Rumania.

Rumania merupakan salah satu negara yang sering sekali disebut dengan Romania. Negara ini merupakan sebuah negara  terletak di kawasan Eropa Tengah dan juga Tenggara yang pada bagian utaranya merupakan semenanjung Balkan dan berbatasan dengan laut hitam. Pada seluruh delta yang ada di sungai donau yang letaknya berada di seluruh wilayah Rumania.

Rumania merupakan sebuah negara yang pada bagian baratnya berbatasan dengan Hongaria dan juga Serbia sedangkan untuk bagian selatannya berbatasan dengan Bulgaria dan bagian timur lautnya berbatasan dengan Ukraina dan Republik Moldova.

Sama seperti dengan negara – negara lainnya, tentunya Rumania memiliki banyak ciri khas dari segi kebudayaan, keagamaan, hingga makanannya. Nah, kali Ini saya akan membahas mengenai makanan khas Rumania, yang kabarnya memiliki gaya ala kerajaan kastil. Penasaran? Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Sarmale

image credit : @lorek.zediu

Pernah mencicipi siomay dengan menu pilihan kol kukus? Nah, sarmale ini memiliki bentuk yang sama dengan kol kukus yang biasanya menjadi menu pilihan untuk siomay di Indonesia. Hanya saja, Sarmale ini merupakan sebuah kol rebus yang didalamnya berisikan berbagai macam daging. Nah, biasanya daging yang digunakan adalah daging sapi, daging kambing, daging babi, daging ayam atau bahkan daging ikan. Tak hanya itu, dilengkapi pula dengan nasi dan bahan – bahan lainnya, sehingga dalam satu gigitan sarmale ini akan semakin lezat. Selain itu, nyatanya beda daerah beda pula cara penyajiannya. Seperti pada daerah tertentu, ada yang menyajikan sarmale ini dengan tambahan jagung dan juga krim asam, sehingga sarmale ini akan semakin kaya akan cita rasa yang lezat

2. Varza a La Cluj

image credit : @dany_ardelean

Makanan khas Rumania yang kedua adalah Varza A la Cluj. Makanan ini memang sering terdengar memiliki kemiripan dengan sarmale. Perbedaan antara varza a la cluj ini dibandingkan dengan sarmale adalah bahwa jika sarmale dibungkus oleh kol, maka varza a la cluj ini tidak menggunakan kol sebagai bungkusnya. Sehingga daging yang pada sarmale terdapat di dalam kol, akan dibiarkan begitu saja dengan tambahan asinan kol dengan disertai bumbu – bumbu yang diolah dengan cara dipanggang menjadi satu dan kemudian dimasukkan ke dalam oven. Nah, untuk penyajiannya, varza a la cluj ini juga bisa disajikan dengan sarmale yakni dengan menggunakan krim asam.

3. Drob De Miel

image credit : @maddie_calling

Makanan khas Rumania yang ketiga yaitu Drob De Miel. Drob De Miel merupakan salah satu menu makanan yang wajib hadir pada saat perayaan hari paskah. Makanan ini dibuat dengan bahan daging domba, namun terdapat sedikit modifikasi menjadi hati ayam karena lebih banyak masyarakat yang menggunakan hati ayam ketimbang daging domba dalam proses pembuatannya. Nantinya, daging domba atau hati ayam tersebut akan dicampurkan dengan rempah – rempah khas Rumania dan diberikan telur dibagian tengahnya.  Bentuknya seperti telur yang dibungkus memanjang dan dilapisi dengan daging – daging di sekitarnya. Wah, sangat lezat bukan sepertinya? Nah, untuk Anda yang sedang berlibur ke Rumania nampaknya jangan sampai melewatkan makanan ini karena ini merupakan salah satu makanan Rumania yang wajib untuk dicoba. Jangan lupa, sajikan makanan ini saat sudah dingin karena akan lebih nikmat untuk dinikmati.

4. Ciorba De Burta

image credit : @adihadean

Pernah mencicipi daging babat? Ya, tentu saja daging babat di Indonesia bukan merupakan hal yang asing apalagi babat yang digunakan untuk makanan ini adalah babat sapi. Babat sapi memang menjadi salah satu pilihan makanan masyarakat Indonesia untuk dijadikan menu lezat seperti soto dan lain sebagainya. Nah, tidak terkecuali Rumania. Pasalnya, Ciorba De Burta ini juga dibuat dengan bahan dasar babat sapi yang nantinya akan disajikan menjadi sebuah sup babat daging sapi yang dilengkapi dengan krim asam, tambahan cuka, serta pasta bawang putih khas yang dikenal dengan nama mujdel. Dilihat dari bumbu dan rempah – rempahnya, makanan ini akan sangat memiliki cita rasa yang tinggi dan sangat lezat apabila disajikan di saat kondisi panas.

5. Pomana Porcului

image credit : @yummy_catering_pitesti

Pomana Porcului merupakan salah satu masakan khas Rumania yang memang menggunakan daging babi sebagai bahan dasar pembuatan makanan ini. Pomana Porcului merupakan sebuah makanan yang harus Anda cicipi saat sedang berkunjung ke Rumania. Dengan mencicipi Pomana Pocului ini layaknya Anda sedang menikmati pesta babi besar – besaran yang menjadi sebuah tradisi di Rumania setahun sekali setiap bulan Desember sebelum natal dilakukan. Pomana Porcului ini juga menjadi salah satu makanan yang paling dicari turis bahkan masyarakat Rumania sendiri, terutama untuk masyarakat  pecinta daging babi, momen ini menjadi momen yang paling ditunggu di Rumania selama setahun.

6. Iahnie Cu Ciolan

image credit : @hanuberarilor

Iahnie Cu Ciolan merupakan salah satu makanan khas Rumania yang bahan dasarnya berupa daging babi juga. Daging babi ini nantinya akan diasapkan dan akan dipotong kecil – kecil seperti yang banyak dijual di Indonesia. Namun, berbeda dengan Indonesia yang biasanya menggunakan nasi sebagai makanan utamanya, nah, untuk di Rumania sendiri Iahnie Cu Ciolan ini disantap dengan dilengkapi dengan paduan kacang dan acar bawang merah.  Nah, Iahnie Cu Ciolan ini akan sangat pas untuk disantap Anda apalagi untuk musim dingin sebagai penghangat badan Anda karena mengandung banyak bawang – bawangan.

7. Papanasi Cu Branza de Vaci Si Affine

image credit : https://www.youtube.com

Makanan Khas Rumania yang terakhir adalah Papanasi Cu Branza de Vaci si Affine. Nah, buat Anda pecinta makanan dessert yang manis – manis, makanan ini akan sangat cocok untuk Anda. Papanasi Cu Branza de Vaci si Affine merupakan sebuah dessert yang bentuknya seperti donat – donat yang ada di Indonesia. Biasanya disajikan dan dimakan dengan krim manis di bagian atasnya. Makanan ini sama seperti makanan – makanan berjenis dessert pada umumnya di Indonesia. Dimana makanan – makanan dessert akan diberikan tambahan selai dan buah – buahan sejenis berry dan juga cherry di bagian atasnya. Wah, sangat cocok untuk Anda jadikan cemilan penutup bukan?

Nah, itu dia 7 makanan khas Rumania yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi untuk Anda dalam memilih makanan saat berlibur ke Rumania. Selamat mencoba!

The post 7 Kuliner Khas Rumania, Yakin Nggak Pingin Coba? appeared first on GoTravelly.

[ad_2]

Source link