Fri. Oct 18th, 2019

Wisata Kuliner

Traveling

7 Street Food Belanda Wajib Coba

5 min read
Street food Belanda

[ad_1]

Dari pancake mini hingga croquettes (kue sejenis kroket) yang keluar dari vending machine (mesin penjual otomatis), Belanda menawarkan cukup banyak pengalaman kuliner kepada wisatawan yang lapar maupun sekedar icip-icip. Jangan pulang tanpa mencoba setidaknya satu dari street food Belanda Belanda. Terlebih lagi bila sedang berwisata ke Belanda, tentunya ada yang kurang bila tidak sekaligus berwisata kuliner.

Street Food Belanda yang Wajib Dicoba

Makanan Belanda mungkin tidak seterkenal masakan Prancis atau China, tetapi ada banyak makanan Belanda yang harus dicoba setidaknya sekali, begitu pula dengan street food-nya.  Apa saja rekomendasi street food Belanda?

1. Poffertjes

Poffertjes adalah makanan jalanan Belanda yang lezat yang dapat ditemukan dengan mudah. Ada banyak di sudut jalan dan pasar, terlebih bila Belanda sedang musim dingin dan musim gugur. Poffertjes sejenis panekuk kecil yang empuk dan dibuat dari 2 bahan utama yaitu ragi dan tepung soba.
Street food Belanda yang lezat ini disiapkan menggunakan wajan khusus dengan beberapa cekungan dangkal untuk menahan adonan sehingga saat matang terbentuklah kue kecil yang kembung sempurna. Poffertjes biasanya disajikan di atas piring kertas kecil dengan garpu kecil kemudian diolesi dengan mentega dan taburan gula bubuk. Poffertjes terkadang dimakan dengan topping manis lainnya, seperti sirup, slagroom (whipped cream) atau aardbeien (stroberi cair).
Poffertjes juga pasti hadir di banyak festival, terutama festival musim dingin. Cari juga Poffertjes di gelanggang seluncur es dan festival makanan seperti Sunday Market, Pure Market dan Rollende Keukens.

2. Appeltaart

Street food Belanda
tantedodol.blogspot.com

Salah satu street food Belanda ini memiliki rasa yang manis. Sebagian orang Belanda mengatakan Appletaart paling lezat dapat ditemukan di Papeneiland dan Winkel. Selain itu, di Jordaan dekat Noorderkerk. Pernahkah Anda mendengar ungkapan bahwa”Amerika identik dengan pai apel?”, ternyata pai apel sebetulnya dari Belanda.
Irisan apel sebagai isian ditambah dengan bahan lainnya seperti kayu manis, gula, dan jus lemon. Varietas apel yang biasa digunakan dalam resep Appeltaart khas Belanda adalah Elstar, Gala dan Goudreinet karena apel tersebut renyah dan tidak terlalu manis. Para penjual Appletaart akan memastikan bahwa Appletaart mereka lezat dan manis, dengan menambahkan sesendok whipped cream pie.
Jika pergi ke Winkel dan Papeneiland, ada ribuan potong Appletaart yang terjual setiap hari Sabtu, terutama jika mengunjungi pasar petani Noordermarkt yang ramai terjadi antrian hanya untuk membeli street food Belanda yang terkenal ini.

3. Bitterballen

Street food Belanda
karlijnskitchen.com

Street food Belanda bernama Bitterballen ini adalah makanan ringan yang dimasak dengan cara digoreng dan mudah ditemukan di kafe sepenjuru Belanda. Bola kecil dengan rasa gurih ini merupakan bagian lapisan dalam remah roti yang disatukan dan diisi dengan daging sapi cincang, bercampur kaldu sapi, tepung, mentega, dan bumbu rempah-rempah. Bitterballen biasanya disajikan dengan mustard sebagai celupannya.
Jika Anda belum pernah merasakan Bitterballen sebelumnya, pesanlah di kafe sebagai iringan sempurna saat menikmati secangkir Kopi. Tapi hati-hati jika menggigit bola kecil yang renyah ini saat baru disajikan, karena isian di dalamnya akan terasa panah membakar lidah.Bitterballen yang dijual di Grandcafé Luxembourg disebut-sebut sebagai yang terbaik.
Jika Anda vegetarian, pastikan untuk mendapatkan Bitterballen isi sayuran seperti yang dijual di Cafe de Ceuvel. Dan jika ingin mencicipi Bitterballen dengan beragam varian, cobalah ke Schipholgans Bitterballen di MOES Amsterdam, karena di tempat itu dijual Bitterballen dengan beragam variasi isian seperti chorizo, daging kambing keju, maupun truffle.

4. Croquettes

Street food Belanda
foodnetwork.com

“Sepupu” Bitterballen adalah Croquettes yang ukurannya lebih besar dan berbentuk lonjong. Croquettes bahan utamanya mirip Bitterballen namun lebih empuk. Croquettes cukup mudah didapatkan berbagai tempat-tempat di Kota Amsterdam seperti di FEBO dan Smullers. Apabila mengunjungi FEBO, wisatawan akan melihat sederetan makanan ringan termasuk Hamburger dan Croquettes yang dipajang di balik pintu kaca vending machine. Masukkan beberapa koin ke dalam slot dan Croquettes siap digigit.

5. Rookworst

Street food Belanda
meatsandsausages.com

Street food Belanda yang satu ini adalah sosis asap yang terbuat dari daging giling yang dicampur dengan rempah-rempah dan garam. Awalnya, pembungkus sosis terbuat dari membran usus alami, tetapi sekarang kolagen sapi lebih sering digunakan.
Sekarang, sosis ini jarang diasap, melainkan diproduksi di pabrik-pabrik dengan menggunakan rasa seolah diasap. Namun rookworst asli biasanya diproduksi ala rumahan dan diasap menggunakan serpihan kayu segar.
Rookworst tersedia secara luas karena sangat umum di Belanda. mencari rookworst terbaik di Amsterdam bisa mengunjungi Slagerij Vet di De Wallen. Begitu populenya Rookworst toko-toko bahkan memiliki mainan Rookworst sebagai dekorasi.

6. Stroopwafels

Street food Belanda
theculturetrip.com

Ada banyak street food Belanda yang harus dicoba, salah satunya kue kenyal yang lezat bernama Stroopwafel. Pertama kali kue ini dibuat di kota Gouda – Belanda sekitar abad ke-18 silam. Bahkan hingga tahun 1870, stroopwafels dibuat hanya di Gouda dan ada sekitar 100 toko roti yang menjualnya.
Street food Belanda yang rasanya manis ini adalah kue wafel yang terbuat dari dua lapis adonan tipis dengan sirup lengket di tengahnya. Stroopwafel dapat dibeli di hampir setiap toko makanan dan toko roti di Belanda. Stroopwafels sangat cocok dinikmati bersama secangkir kopi atau teh.
Stroopwafel yang benar-benar baru dimasak biasanya ada di kios-kios pasar dan di berbagai festival. Di Amsterdam, Stroopwafels yang baru dimasak dan masih hangat bisa ditemukan di pasar jalanan Amsterdam seperti Albert Cuypmarkt dan Noordermarkt.

7. Drop

Memiliki nama lain licorice, tetapi orang-orang Belanda menyebutnya dengan nama Drop. Orang-orang Belanda Belanda benar-benar menyukai camilan permen berwarna gelap ini. Dengan konsumsi licorice per kapita tertinggi di dunia, rata-rata setiap orang di Belanda makan Drop lebih dari 4 pon (2000 gram) per tahun.
Anda dapat menemukan beberapa jenis drop di hampir setiap toko mulai dari Albert Heijn hingga Hema, serta toko-toko permen pinggir jalan, dijamin Drop ada di mana-mana. Drop dijual dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari Groente Erwten (kacang hijau) hingga koin kenyal Muntdrop.
Selain orang Belanda, Jerman dan Skandinavia, banyak orang yang tidak biasa menikmati rasa licorice hitam, terutama jenis Drop asin yang disebut Salmiak. Cobalah Drop Apekoppen yang berbentuk lucu yang menggabungkan licorice manis kenyal dan permen pisang lembut. Street food Belanda Drop Apekoppen menjadi favorit banyak orang. Di Belanda bahkan Drop dijual secara online juga.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai 7 street food Belanda yang terkenal. Sebenarnya tak hanya 7 jajanan di atas, ada beberapa lainnya yang juga cukup terkenal seperti Kibbeling, Raw Herring, Oliebollen, Ontbijtkoek dan Thick Dutch fries yang bukan sembarang kentang goreng.

Secara tradisional Thick Dutch fries disajikan dalam keadaan panas diletakan di kertas berbentuk kerucut dan diolesi dengan topping lezat diantaranya saus sate kacang, mayo dan bawang, atau pun topping campuran saus kari, mayones dan bawang.

The post 7 Street Food Belanda Wajib Coba appeared first on GoTravelly.

[ad_2]

Source link