Jalan jalan ke Jepang? 11 Rekomendasi Makanan Halal Di Tokyo

Jalan jalan ke Jepang? 11 Rekomendasi Makanan Halal Di Tokyo

[ad_1]

Jepang menjadi salah satu negara yang ketat dalam pengawasan bahan makanan. Khususnya makanan halal untuk muslim traveller karena saat ini Jepang menggenjot Halal Tourism. Untuk anda muslim traveller yang ingin jalan jalan ke Jepang Berikut akan kami berikan rekomendasi makanan halal di Tokyo, Jepang.

1. Sushi

makanan halal di Tokyo
image credit : @cicikuliner

Sushi adalah menu makanan yang sangat populer atau paling dikenal di seluruh dunia, begitupun dengan Indonesia. Makanan khas Jepang dan menjadi ikon kuliner Jepang ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, yakni di beberapa restoran sushi atau restoran Jepang. Tapi tentu akan berbeda rasanya, jika dimakan di Negara asalnya.

Komposisi bahan pembuat sushi sendiri beraneka ragam, diantaranya beberapa makanan laut seperti ikan tuna, ikan salmon (optional, bisa diganti sesuai selera), kemudian ada nasi, beberapa jenis sayuran, telur serta cuka dan beberapa bahan lain yang juga dapat diganti sesuai selera.

Hidangan yang sarat tradisi Jepang ini mudah sekali Anda temukan di Tokyo. Diantaranya di restoran, restoran sushi hingga di restoran sushi putar. Sushi menjadi makanan halal yang wajib untuk Anda coba jika berkunjung ke Jepang.

2. Udon

makanan halal di Tokyo
image credit : @mari_ariki

Seperti Sushi, Udon juga menjadi menu makanan yang sudah cukup sering kita dengar. Makanan khas Jepang ini merupakan mie berwarna putih dengan bentuk yang tebal dari pada mie pada umumnya. Mie udon ini terbuat dari tepung gandum, garam dan air. Uniknya mie ini tidak hanya bisa disajikan dalam keadaan panas saja, namun juga bisa disajikan dalam keadaan dingin. 

Jika musim panas udon akan disajikan panas dan jika musim panas, maka udon akan disajikan dingin. Makanan ini sangat populer di Jepang. Komposisi dari makanan halal ini diantaranya adalah mie udon, jahe segar, nori / rumput laut dan sup dashi atau sup kaldu ikan. Karena makanan ini sangat populer, maka mudah untuk menemukannya. Anda bisa menemukannya di restoran mie, supermarket atau beberapa restoran yang menyediakan menu ini. 

3. Soba

makanan halal di Tokyo
image credit : https://www.cilantroandcitronella.com

Berbeda dengan udon, mie soba ini terbuat dari bahan gandum hitam. Tekstur mie nya sedikit lebih kasar dan dibentuk seperti spageti. Mie ini juga bisa disajikan dalam dua kondisi, panas dan dingin. Komposisi dalam penyajian mie soba ini diantaranya terdiri dari daun bawang, tsuyu atau saus celupan dan sambal wasabi sebagai pelengkap kenikmatan mie soba. 

Anda bisa menemukan mie soba ini di restoran mie yang menyajikan berbagai macam sajian mie, beberapa restoran di Tokyo dan di Supermarket yang menyediakan menu ini.

4. Shabu

makanan halal di Tokyo
image credit : https://asianinspirations.com.au

Makanan selanjutnya yang masuk dalam rekomendasi makanan halal di Tokyo adalah Shabu. Shabu-shabu adalah menu makanan berkuah yang dimasak dengan air kaldu, irisan tipis daging sapi, beberapa sayuran dan telur. Perpaduan yang cukup untuk membuat Anda penasaran dengan kelezatan rasanya. Anda bisa menemukannya di restoran shabu-shabu atau beberapa restoran lain di Tokyo, Jepang.

5. Onigiri

makanan halal di Tokyo
image credit : @harukart.pink

Onigiri juga tidak asing bagi telinga warga Indonesia, karena beberapa swalayan menyediakan makanan ini. Onigiri merupakan makanan simple dan sering menjadi santapan sehari-hari bagi warga Jepang. Dibuat dari nasi kepal dengan garam secukupnya untuk menghasilkan rasa gurih. Selain ditambah garam, pengolahan lain dari nasi kepal ini dengan menggunakan nasi campur.

Di dalam nasi kepal ini terdapat umeboshi, salmon dan ditutup dengan rumput laut. Isinya bervariasi tergantung selera. Onigiri sangat mudah ditemukan, di toko-toko waralaba, supermarket hingga restoran-restoran di Jepang.

6. Yakitori

makanan halal di Tokyo
image credit : @minami.g.minami

Yakitori merupakanan sate ayam versi Negara Sakura. Bagi Anda penyuka sate ayam, wajib untuk mencoba makanan satu ini. Yakitori terdiri dari daging ayam dan sayuran dengan bumbu-bumbu yang melengkapinya. Masakan ini cukup simple, cocok untuk ngemil sembari berjalan-jalan mengelilingi kota Tokyo. Dimana Anda bisa menemukan Yakitori? Anda dapat menemukannya di beberapa Restoran di Tokyo, Supermarket dan beberapa Toko Waralaba.

7. Yakiniku

makanan halal di Tokyo
image credit : https://livejapan.com

Di Urutan ke 7 makanan halal di Tokyo adalah Yakiniku. Masakan ini banyak disukai karena pembeli bisa memasak daging sendiri sesuai selera. Yakiniku adalah daging sapi atau daging ayam yang disajikan dalam keadaan mentah, sebagai pembeli Anda dapat memanggangnya sesuai tingkat kematangan yang diinginkan. 

Daging panggang ini dimakan bersamaan dengan sayuran dan saus sebagai bahan pelengkap. Anda bisa menemukan yakiniku di beberapa restoran di Tokyo, restoran yakiniku serta beberapa supermarket yang menyediakannya.

8. Tempura

makanan halal di Tokyo
image credit : https://japan.recipetineats.com

Tempura juga menjadi salah satu nama makanan dari Jepang yang tidak asing di telinga Indonesia, bahkan sudah sangat akrab. Sama seperti di Indonesia, di Jepang pun tempura juga menjadi makanan favorit. Makanan yang berasal dari seafood yang dicampur dengan tepung lalu digoreng ini memiliki kelezatan yang tidak dapat diungkapkan.

Biasanya bahan dasar yang digunakan adalah udang atau beberapa jenis ikan tertentu. Komposisi dari tempura ini yakni kentang, jamur, wortel, daun green bell, terong, ubi, labu jepang dan shisho atau perilla. 

9. Sukiyaki

makanan halal di Tokyo
image credit : https://thewoksoflife.com

Makanan yang bisa Anda masak sendiri selain Yakiniku adalah Sukiyaki. Sukiyaki terdiri dari daging sapi, berbagai macam sayuran dan sup sauce. Anda dapat memasaknya sendiri di dalam panci yang sudah disediakan oleh pihak restoran. Uniknya Anda perlu mengetahui cara memasak yang tepat untuk makanan ini, karena cara memasaknya berbeda di setiap prefektur. Penasaran? Jangan lupa memakannya jika sedang berada di Tokyo, Jepang.

10. Teriyaki Chicken

makanan halal di Tokyo
image credit : https://tasteasianfood.com

Teriyaki Chicken makanan halal dan lezat yang juga memiliki banyak penggemar. Ayam direndam di saus soya dengan rasa manis kemudian digoreng dan dimakan dengan nasi serta saus teriyaki. Perpaduan yang sangat lezat, makanan halal dan wajib untuk dicoba saat Anda berkunjung ke Tokyo, Jepang.

11. Shojin Ryori

makanan halal di Tokyo
image credit : https://medium.com

Makanan halal di Tokyo yang terakhir akan kami rekomendasikan adalah Shojin Ryori. Makanan khusus bagi Anda yang vegetarian. Makanan ini biasanya dimakan oleh para pengikut Budha dimana dalam masakan ini tidak ada ikan, daging, bawang serta akar tumbuhan lain yang dapat menyebabkan sebuah tumbuhan mati.

Komposisi makanan bernama Shojin Ryori ini diantaranya adalah kacang-kacangan serta buah-buahan. Anda bisa menemukan menu vegetarian ini di kuil serta beberapa restoran vegetarian di Tokyo, Jepang.

Demikian tadi 11 Rekomendasi Makanan Halal Di Tokyo yang dilihat dari bahan baku serta komposisi bahan pembuatan serta penyajiannya. Untuk memastikan kehalalannya ada baiknya jika Anda memakan berbagai menu tersebut di restoran yang sudah mengantongi sertifikat halal. 

Jangan khawatir dalam mencari restoran halal di Tokyo, Jepang. Karena Jepang sendiri sudah mengusung wisata halal, maka banyak sekali restoran atau tempat makan yang sudah memiliki sertifikasi halal dari pemerintahan. Wisata kuliner halal bagi muslim di seluruh Indonesia dengan berbagai menu makanan halal di Tokyo.

The post Jalan jalan ke Jepang? 11 Rekomendasi Makanan Halal Di Tokyo appeared first on GoTravelly.

[ad_2]

Source link