Tak Hanya Nasi Goreng, 11 Negara Berikut Memiliki Olahan Nasi Lezat Dengan Rasa Mendunia

olahan nazi lezat dari berbagai negara


Setiap negara memiliki sajian kuliner lezat nan menggoda yang menjadi identitas dari negara tersebut. Salah satu olahan kuliner Indonesia yang sempat mendunia adalah nasi goreng. Kuliner berbahan dasar nasi ini nampaknya telah menjadi menu andalan di setiap rumah yang dihidangkan di saat sarapan pagi. Cita rasanya yang gurih ataupun pedas dengan bumbu berupa bawang merah dan bawang putih, menjadikan kuliner ini banyak disukai oleh orang Indonesia.

Namun, siapa sangka jika dengan mendunianya olahan kuliner berbahan dasar nasi seperti halnya nasi goreng tersebut diikuti dengan mencuatnya berbagai menu andalan lain dari berbagai negara yang menggunakan bahan dasar nasi. Dengan cara memasak yang sedikit berbeda, kuliner bebahan dasar dari nasi ini mampu menghadirkan cita rasa yang sangat lezat dan mendunia. Bahkan, kuliner tersebut diklaim sebagai menu andalan negara yang bersangkutan.

Ini dia 11 negara dengan kuliner berbahan dasar nasi

Tidak banyak orang yang tahu jika di beberapa belahan dunia lain juga menjadikan nasi sebagai menu andalan yang luar biasa lezatnya. Sekalipun bagi penduduk lokal kuliner berbahan dasar nasi tersebut dianggap sebagai hal biasa, namun bagi pecinta kuliner atau food traveler hal ini menjadi sebuah keunikan tersendiri untuk  direview dan diposting dalam sebuah website. tindakan ini dilakukan tidak lepas dari keinginan dalam memperkenalkan identitasnya. Lebih lanjut, berikut beberapa makanan berbahan dasar nasi dari berbagai negara.

1. Nasi kepal dari Jepang

image credit : @harukart.pink

Onigiri atau yang biasa dikenal dengan sebutan nasi kepal merupakan sebuah kuliner berbahan dasar nasi yang berasal dari negara Jepang. kuliner yang satu ini dibuat dari nasi panas yang kemudian dicampur dengan garam. Cara membuatnya adalah dengan mengepalkan nasi yang masih panas kemudian dibungkus dengan nori atau rumput laut kering. Di zaman dahulu, tepatnya pada masa kekaisaran Jepang, di lingkungan istana, makanan ini dikenal dengan sebutan Omusubi.

2. Ogokbap berasal dari Korea Selatan

olahan nazi lezat dari berbagai negara
image credit : @sonia_c_3535

Di wilayah Korea Selatan juga menawarkan kuliner berbahan dasar nasi yang tidak kalah unik dan lezat dibandingkan dengan lainnya. Sebuah kuliner yang terbuat dari campuran beras, millet putih, millet merah, kacang hitam, beras ketan dan kacang merah ini dikenal dengan sebutan Ogokbap. Menu andalan khas Korea Selatan ini akan sering disajikan pada perayaan di saat bulan purnama. Selain itu juga pada beberapa peristiwa yang memiliki makna mendalam bagi warganya.

3. Kuliner briyani dari India

olahan nazi lezat dari berbagai negara
image credit : @coffee_cream_resto

Selain di beberapa negara tersebut di atas, kuliner berbahan dasar nasi juga bisa ditemukan di India. Di negara yang dijuluki negeri Bollywood ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan atas bentuk nasi yang disajikan dengan ukuran yang lebih panjang, besar dan putih.

Dikenal dengan sebutan briyani atau biriani, kuliner khas India ini dibuat dengan mengkukusnya setengah matang kemudian dicampur dengan berbagai rempah khas India. Dalam penyajiannya, kuliner ini dihidangkan bersama daging ayam, kambing ataupun daging ikan yang dimasak sekaligus bersama nasi.

4. Nasi kebuli dari Arab

olahan nazi lezat dari berbagai negara
image credit : @zona.makanan

Memiliki tampilan yang menyerupai biriani dari India, nasi kebuli merupakan kuliner berbahan dasar nasi yang berasal dari Timur Tengah atau Arab. Kuliner yang satu ini dimasak dengan menggunakan bumbu rempah yang dicampur dengan susu, kaldu kambing dan minyak samin. Dalam penyajiannya, kuliner ini diberikan taburan kismis sekaligus juga daging kambing goreng. Tentu saja akan membuat penikmatnya tergoda.

5. Khao phat dari Thailand

olahan nazi lezat dari berbagai negara
image credit : @bienbienfamily

Di negeri yang dijuluki negeri gajah putih ini juga menawarkan kuliner berbahan dasar nasi yang dikenal dengan sebutan khao phat. Sebuah kuliner yang dijuluki sebagai nasi gorengnya Thailand ini diolah dengan cara ditumis. Tidak jauh berbeda dengan nasi goreng di Indonesia, kuliner ini dibuat dengan memanfaatkan bawang merah, bawang putih, kecap, garam, tomat sekaligus minyak ikan. Untuk beras yang digunakan memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan beras yang ada di Indonesia.

6. Com Tam dari Vietnam

olahan nazi lezat dari berbagai negara
image credit : @ravenouscouple

Memiliki julukan lain sebagai broken rice, kuliner berbahan dasar nasi ini dibuat dari beras yang memang sudah tidak lagi utuh secara sempurna. Sekalipun demikian, kuliner ini memiliki cita rasa yang sangat enak dan menggoda terlebih saat disajikan dengan ditemani telur mata sapi, acar, bihun hingga daging panggang. Dengan menu yang sangat lengkap ini, tidak mengherankan jika kuliner tersebut menjadi buronan wisatawan.

7. Bringhe dari Filipina

olahan nazi lezat dari berbagai negara
image credit : @johanne_thelmo

Negara yang berseberangan dengan Indonesia ini ternyata juga memiliki kuliner berbahan dasar nasi yang tidak kalah lezat. Dikenal dengan nama bringhe, kuliner ini biasa dikenal di Indonesia dengan sebutan nasi kuning. Ada perbedaan dalam penyajiannya dimana untuk nasi kuning di Indonesia akan disajikan dengan memisahkan nasi dan lauk, namun demikian hal ini tidak berlaku di Filipina. Sedangkan untuk cara memasaknyapun juga masih sama dengan mencampurkan bubuk kunyit sekaligus campuran santan dan dikukus sampai masak.

8. Hainan jifan dari Cina

olahan nazi lezat dari berbagai negara
image credit : @zakzakkazu

Apakah Kamu penggila kuliner Cina? Tidak banyak yang tahu jika ternyata ada kuliner berbahan dasar nasi yang berasal dari negeri tirai bambu. Dikenal dengan sebutan Hainan jifan, kuliner ini merupakan olahan nasi yang dimasak bersama kaldu ayam dan disajikan dengan tambahan potongan daging ayam. Beberapa orang Jepang yang kurang enak badan akan mengkonsumsi kuliner ini sehingga akan memberikan perasaan yang jauh lebih berstamina.

9. Rijstaart atau Belgian Rice Pie dari Belgia

olahan nazi lezat dari berbagai negara
image credit : @laurettaandthenightingale

Beralih ke Eropa tepatnya di Belgia, ada sebuah kuliner berbahan dasar nasi yang mungkin tidak banyak diketahui oleh turis asing. Kuliner yang bisa dijadikan kudapan lezat selain wafel ataupun cokelat ini sangat cocok dijadikan sebagai teman bersantai. Dikenal dengan sebutan sebagai pie panggang yang memiliki isi berupa pudding nasi creamy menjadikan kuliner ini sering kali dihidangkan sebagai menu hidangan penutup.

10. Wild rice dari Kanada

olahan nazi lezat dari berbagai negara
image credit : @vegangirlinphilly

Tidak banyak yang menyangka jika di Kanada juga memiliki sebuah kuliner berbahan dasar nasi yang pastinya tidak kalah menggoda dibandingkan dengan kuliner lain. Disebutkan jika kuliner ini dibuat dengan membuat hidangan nasi yang memiliki warna kehitaman. Warna tersebut didapatkan dari sebuah tanaman yang dikenal dengan sebutan Zizinia. Tanaman ini dengan mudah didapatkan di aliran sungai yang tidak terlalu deras.

11. Risalamande dari Denmark

olahan nazi lezat dari berbagai negara
image credit : @mummum.dk

Kembali lagi ke Eropa tepatnya di Denmar. Di negara ini juga menawarkan kelezatan kuliner berbahan dasar nasi yang dikenal dengan sebutan risalamande. Kuliner yang dibuat dengan menggunakan pudding nasi ini akan diolah dengan mencampurkan krim kocok, potongan almond dan juga vanilla. Beberapa orang akan memberikan topping berupa saus ceri yang sangat menggoda.

Itulah deretan kuliner berbahan dasar nasi yang ada di berbagai negara di dunia. Tidak banyak orang yang menyangka jika nasi ternyata tidak hanya diolah sebagaimana mestinya saja. namun juga diberikan berbagai bumbu-bumbu khas negara masing-masing yang menjadikan kuliner tersebut lebih istimewa dan unik. Tidak mengherankan jika kemudian kuliner berbahan dasar nasi tersebut menjadi icon dari negara tersebut.

The post Tak Hanya Nasi Goreng, 11 Negara Berikut Memiliki Olahan Nasi Lezat Dengan Rasa Mendunia appeared first on GoTravelly.



Source link