10 Tempat Wisata di Madagaskar Tawarkan Eksotisme Benua Hitam

10 Tempat Wisata di Madagaskar Tawarkan Eksotisme Benua Hitam

[ad_1]

Madagaskar adalah salah satu destinasi yang menakjubkan di Afrika. Destinasi ini menjadi populer di kalangan wisatawan berkat serial kartun Madagaskar yang menampilkan fauna khas Afrika. Negara di benua Afrika ini menyuguhkan banyak destinasi wisata alam yang indah dan sebagian besar tempat-tempat tersebut masih tergolong liar. Meskipun demikian, tempat wisata alam di negara ini justru menawarkan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Mulai dari hutan yang lebat, pemandangan alam, dan hewan-hewan unik dapat dijumpai di tempat wisata alam Madagaskar. Tetapi jika ingin merasakan kota-kota besar, Madagaskar juga menawarkan destinasi yang tidak kalah menarik. Agar tidak penasaran, berikut ini adalah beberapa informasi tempat wisata Madagaskar yang dapat dikunjungi.

1. Baobab Avenue

tempat wisata madagaskar
image credit : @mynameis.travel

Daya tarik destinasi wisata yang satu ini adalah Pohon Baobab yang merupakan ciri khas Madagaskar. Menariknya, pohon ini tidak tersebar luas dan hanya terdapat di kawasan wisata tersebut. Pohon baobab yang berukuran besar tersebut berjejer membentuk alley atau gang yang membuat pantulan cahaya matahari di antara pepohonan terlihat mempesona.

Di sepanjang alley inilah terdapat 200an lebih pohon Baobab dengan ketinggian lebih dari 30 m. Destinasi wisata ini berada di Menabe dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat dari Antananarivo selama 12 jam. Untuk menuju ke sana, Anda tidak bisa menggunakan kendaraan biasa tetapi mobil 4×4 karena kondisi medan yang cukup sulit.

2. Royal Hill of Ambohimanga

tempat wisata madagaskar
image credit : @worldviewapp

Selain keindahan alam, Anda juga dapat menikmati keindahan bangunan-bangunan bersejarah di Royal Hill of Ambohimanga atau juga sering dikenal Rova. Ini adalah desa bersejarah yang dulunya menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan Madagaskar. Dinding di sekeliling desa ini dibangun tahun 1847 menggunakan perekat campuran dari telur putih dan jeruk nipis. Kawasan ini juga telah ditetapkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Jika Anda ingin menelusuri kehidupan orang jaman dulu, tempat wisata Madagaskar ini dapat menjadi destinasi yang cocok untuk dikunjungi. Selain itu, lokasinya juga cukup dekat dengan Antananarivo. Dari ibukota tersebut, destinasi wisata ini berjarak sekitar 24 km.

3. Nosy Be

tempat wisata madagaskar
image credit : @_justinstout

Ini adalah kawasan wisata pantai yang indah dengan pasir putih yang membentang dan laut jernih berwarna biru muda. Pulau kecil ini adalah salah satu destinasi yang populer di kalangan para pelancong karena suasananya yang sangat asri. Di sana juga terdapat banyak restoran seafood yang menyajikan aneka olahan hidangan laut yang lezat. Selain dapat menikmati keindahan pantainya, Anda dapat melakukan beragam aktivitas alam bawah laut yang seru.

4. Tsingy de Bemahara

tempat wisata madagaskar
image credit : @terrax

Tempat wisata ini berada di bagian barat Madagaskar yaitu di Melaky. Keindahan di kawasan ini menjadikannya dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO tahun 1990 karena memiliki keunikan geografi, populasi lemur, hutan bakau, dan burung liar. Ini adalah cagar alam dengan luas 666 km persegi dan 90 persennya merupakan batuan kapur tajam dengan ketinggian 100 m. Menariknya, cagar alam ini tidak dihuni oleh manusia selama berabad-abad.

Dengan kondisi alam seperti ini, orang tidak dapat berjalan untuk mengakses cagar alam ini. Jika Anda ingin berkunjung ke sana, Anda wajib memiliki kondisi tubuh yang prima karena medannya cukup sulit dan fasilitas yang minim di kawasan tersebut. Dari Bandara Morondava ke lokasi ini, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 7 jam.

5. Kebun Botani & Zoologi Tsimbazaza

tempat wisata madagaskar
image credit : https://www.attractionsworld.net

Destinasi yang satu ini juga sering disebut dengan Kebun Binatang Tsimbazaza. Ini merupakan taman botani yang berfungsi  sebagai pusat zoology. Berada di kota Tsimbazaza, Antananarivo, kebun botani ini diperkenalkan pada tahun 1990. Kebun tersebut memiliki koleksi seperti kerangka burung, gajah purba, dan kuda nil pygmy. Koleksi tanaman di kebun ini mencapai 80 ribu dan merupakan yang terbesar di Madagaskar.

6. Taman Nasional Marojejy

tempat wisata madagaskar
image credit : https://www.madamagazine.com

Ini merupakan taman nasional dan destinasi wisata yang cukup populer di Madagaskar. Taman ini memiliki luas 55.500 hektar. Daya tarik utama dari destinasi ini adalah termasuk cagar alam yang ketat. Hanya ilmuwan yang diperbolehkan masuk ke sana. Taman nasional ini didirikan sejak tahun sembilan puluhan. Taman Nasional Marojejy telah menjadi salah satu situs warisan dunia di bawah Hutan Hujan Atsinanana.

7. Nuhy Mangabe

tempat wisata madagaskar
image credit : https://ozilahmadalgibran.blogspot.com

Madagaskar mempunyai pulau – pulau kecil yang tersebar di seluruh negeri. Salah satu pulau yang banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Nosy Mangabe. Lokasi cagar alam ini berjarak sekitar 2 km dari Maroantsetra. Pulau dengan luas 5,2 km persegi ini masih menjadi bagian Taman Nasional Masoala.

8. Rova Antananarivo

tempat wisata madagaskar
image credit : @maeva_chateaux

Jika Anda ingin mengunjungi tempat yang eksotik dan bersejarah, maka berkunjunglah ke Rova Antananarivo. Ini merupakan istana kerajaan megah di Antamalanga. Istana ini pada abad ke-19 telah menjadi istana kerajaan Madagaskar. Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 5 menit dari kota Antananarivo. Untuk menjelajahi istana tersebut, Anda dapat menggunakan jasa pemandu wisata. Tetapi sebaiknya nego harga lebih dulu sebelum menyetujui tur tersebut untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

9. Taman Lemur

tempat wisata madagaskar
image credit : @mr._acar

Taman Lemor adalah sebuah kawasan kebun raya atau cagar alam yang berjarak sekitar 22 km dari Antananarivo. Para pengunjung di taman ini dapat menemukan 7 jenis lemur yang hidup secara bebas. Selain itu, di sana juga terdapat 70 lebih spesies tanaman endemik Madagaskar. Taman Lemur telah dibuka untuk umum. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi taman ini, Anda dapat mengikuti tur keliling taman bersama dengan pemandu.

Taman Lemur diresmikan pada tahun 2000 oleh Laurent Amouric bersama Maxime Allorge. Selain lemur, mereka juga merawat beberapa jenis reptile seperti kura-kura, bunglon, dan iguana. Untuk menuju ke tempat wisata ini, sudah ada shuttle bus dari Antananarivo yang dapat dipesan untuk perjalanan Anda.

10. Piraten Museum 

tempat wisata madagaskar
image credit : http://totallystaugustine.com

Selain mengunjungi tempat wisata alam, sebaiknya Anda juga tidak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi museum unik yang satu ini di Madagaskar. Jika museum pada umumnya menyimpan benda-benda bersejarah terkait dengan kota tempat museum itu berada, Piraten Museum justru menyimpan artefak bersejarah serta dokumen penting tentang sejarah perompak di Madagaskar. Ini adalah museum bajak laut pertama dan menjadi satu-satunya museum bajak laut di Madagaskar.

Jika berkunjung ke sana, wisatawan akan dipandu oleh guide museum yang akan menjelaskan tentang sejarah bajak laut di Madagaskar. Mereka juga akan menceritakan tempat-tempat persembunyian para bajak laut zaman dulu. Tentu ini akan memberikan pengalaman yang sangat seru bukan?

Demikian beberapa tempat wisata Madagaskar yang sebaiknya Anda kunjungi. Sebagian besar destinasi wisata yang populer di Madagaskar adalah cagar alam atau taman nasional. Namun hal itulah yang menjadi daya tarik utama Madagaskar di kalangan wisatawan dari berbagai belahan dunia. Bagaimana, sudah siap merencanakan liburan Anda ke Madagaskar?

The post 10 Tempat Wisata di Madagaskar Tawarkan Eksotisme Benua Hitam appeared first on GoTravelly.

[ad_2]

Source link